oleh

Bumdes Kelola Sampah Warga

SUMEDANGESKPRES.COM , CISITU – Beberapa negara maju di dunia sudah menerapkan sistem pengolahan sampah yang tidak hanya jelas, tapi juga tegas.

Begitu juga pengelolaan sampah di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu yang dikelola Bumdes Pajagan Tandang dengan diketuai Andis

Andis menjelaskan sampah adalah masalah besar. Dia pun berpikir bagaimana caranya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Seperti ke aliran sungai atau ke tanah tanah kosong di wilayah desa.

“Oleh karena itu Bumdes Pajagan Tandang berinovasi dengan membuat tempat penampungan sampah mandiri yang dikelola oleh Bumdes,” ujar Andis kepada Sumeks, Selasa (27/10).

Andris menjelaskan semua dampah dikelola dengan baik dan tidak menjadi masalah lingkungan. Sampah organik dibuat pakan Magot dan dijadikan pupuk kompos.

“Sedangkan sampah plastik kita kelola dengan dilebur dan dicacah,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pengelolaan sampah mandiri ini warga merasa terbantu karena pihaknya melakukan pengambilan sampah ke rumah rumah. Bumdes pun mendapatkan keuntungan dengan pengelolaan sampah untuk didaur ulang. (cr3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed