oleh

Pelatihan Lagu-lagu Berkarakter Kebangsaan bagi Calon Guru SD

UNIVERSITAS Pendidikan Indoensia (UPI) Kampus Sumedang kembali menyelenggarakan pelatihan bagi para mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar, untuk memahami lagu-lagu berkarakter kebangsaan. Kegiatan yang dibalut Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, merupakan kelanjutan dari riset yang dilakukan berkaitan dengan pembuatan lagu-lagu berkarakter kebangsaan pada tahun 2017 silam.

Kegiatan ini, merupakan pelatihan bagi para mahasiswa calon guru di sekolah dasar, untuk memahami lagu-lagu berkarakter kebangsaan.

Hal ini juga, didasarkan pada misalnya kurangnya pemahaman mahasiswa terkait dengan lagu-lagu berkarakter kebangsaan. Kurangnya jumlah materi lagu-lagu berkarakter kebangsaan yang dipahami oleh calon guru khususnya. Dan, kurangnya pengetahuan para mahasiswa calon guru SD, terkait dengan pengetahuan tentang seni musik.

Ada keprihatinan disini bagi kami untuk perkembangan seperti itu. Oleh karena itu latihan ini dilakukan. Pada kegiatan yang dilakukan secara daring ini, diharapkan pada mahasiswa memiliki keterampilan dalam mengenal lagu-lagu kebangsaan, juga untuk terampil menyanyikan lagu dengan picth yang benar dan juga nanti bisa dilatihkan kepada siswa-siswa sekolah dasar.

Sasaran pelatihan adalah calon guru sekolah dasar, yaitu para mahasiswa. Mereka diharapkan mampunyai keterampilan sedikit demi sedikit secara berkelanjutan. Mungkin nanti, akan bisa menyebarkan program-program seperti ini di sekolahnya masing-masing. Kegiatan ini juga bisa menjadi bekal bagi mereka ketika mereka berkarir di sekolah

Dan juga bisa menjadi contoh bagi guru sekolah dasar untuk menambah kekayaan mereka terkait dengan lagu-lagu yang diajarkan di sekolah yang berkaitan dengan lagu kebangsaan.

Pelaksanaan kegiatan kami tatap muka. Hanya saja, karena kondisi keterbatasan protokol kesehatan, maka kegiatan-kegiatan yang dengan daring. ini juga merupakan hal yang baru bagi kami dalam melakukan penelitian pengabdian dengan kondisi-kondisi pandemi. Jadi menggunakan aplikasi zoom, kami berada di kampus sedangkan mahasiswa juga berada di tempat lain.

Sebenarnya, dulu pernah diadakan dalam riset 2018, kami lakukan kepada guru-guru di Kabupaten Sumedang berupa pelatihan lagu-lagu berkebangsaan, termasuk juga pelatihan tentang membaca notasinya termasuk juga dan pelajaran vokal. Kami juga menyelenggarakan pemantasan perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswa di sekolah dasar yang gurunya mengikuti pelatihan.

(Artikel ini dikutip dari Laporan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis kepakaran ilmu UPI Kampus Sumedang. Oleh: H Drs Dadang Kurnia MPd, H Drs Ali Sudin MPd, H Dr Prana Dwija Iswara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed