oleh

Antisipasi Banjir, Warga Bongkar Drainase

SUMEDANGEKSPRES.COM , JATINANGOR – Warga RW 01 Dusun Warung Kalde Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor dan Polsek Jatinangor melakukan pembongkaran paksa drainase yang menjadi penyebab banjir di sekitar Mako Polsek Jatinangor, Kamis (29/10).

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir saat musim penghujan.

Kapolsek Jatinangor AKP Aan Supriatna S.Ap melalui Perwira Polsek Jatinangor, Ipda Ucu Abdurrahman mengatakan pembongkaran itu inisiatif warga yang bosan setiap musim hujan tiba selalu banjir. Sebab, ada saluran air yang mampet lantaran terjadinya pendangkalan.

“Setelah dilakukan pembongkaran, ternyata ada tong sampah yang menyumbat saluran air sehingga air meluber ke jalan. Bayangkan saja, sudah satu tahun tong sampah itu ada di gorong gorong. Setelah dibongkar dan dicor ternyata alhamdulillah air lancar mengalir,” kata Ipda Ucu kepada awak media.

Dia mengimbau kepada warga untuk rajin membersihkan pekarangan dan saluran air di sekitar rumah. Sebab, memasuki musim penghujan kejadian bencana banjir tak bisa diprediksi. Selain itu, juga menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

“Banjir itu menjadi biang penyakit dan identik dengan kotor. Makanya, mencegah banjir lebih baik daripada mengatasi banjir setelah terjadi. Lakukan 3M membuang sampah, menutup tempat penampungan air dan menyingkirkan barang bekas,” katanya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Dusun Warung Kalde Iis Risma mengapresiasi sekali spontanitas warga dalam mengantisipasi banjir di wilayahnya. Secara kebetulan Mako Polsek Jatinangor berada di wilayah RW 01 sehingga benar benar harus dijaga kebersihannya.

Selain membersihkan gorong gorong, warga dan anggota Polsek Jatinangor juga mengecor jalan (gang) di pinggir Mako Polsek ke arah jalan utama Ir Soekarno.

“Alhamdulillah berkat swadaya masyarakat dan pihak donatur jalan gang dekat Polsek bisa dibenahi. Kemudian, selokan mampet juga sudah diangkut sampahnya, Mudah-mudahan gak banjir lagi,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed