oleh

Girimukti Siap Gelar Pilkades

KOTA – Beberapa bantuan sosial yang turun belum lama ini dari berbagai sumber telah disalurkan Pemerintah Desa Girimukti Kecamatan Sumedang Utara kepada warga penerima.

Seperti disampaikan Pj Kepala Desa Girimukti Ii Lalan Sojali kepada Sumeks saat kegiatan pembagian bantuan sosial dari Kemensos, Rabu (18/11).

Dia menerangkan, untuk bantuan sosial bagi warga terdampak covid 19 di Desa Girimukti terbagi dalam beberapa bagian. Ada yang bersumber dari PKH, BPNT, BLT DD, BLT kabupaten ataupun dari Kemensos dan Sapawarga Provinsi.

“Artinya, kita pemerintah, baik itu pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan desa bersama – sama menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terkait dengan dampak covid-19 yang memang sangat memerlukan adanya bantuan tersebut,” ujarnya.

Pj Kades menuturkan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Desa Girimukti. Dimana, ada penurunan pendapatan dikarenakan pandemi covid-19.

“Adapun data bansos yang diterima warga Desa Girimukti diantaranya BLT dari PKH diterima oleh 327 KPM, BPNT berbentuk sembaki diterima 366 KPM, BLT DD diterima 140 KPM, BLT APBD Kabupaten diterima 116 KPM, BST Kemensos diterima 618 KPM dan Bantuan Provinsi Jabar yang melalui Ojol 60 KPM. Sementara, untuk program Sapawarga provinsi diterima 618 KPM dan beras dampak covid 19 dari PKH diterima 327KPM,” paparnya.

Terkait persiapan PilKades Serentak 2020, lanjut dia, pemerintah Desa Girimukti, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa dan BPD telah diundang oleh Pemerintah Kecamatan Sumedang Utara untuk mengadakan sosialisasi lanjutan tahapan Pilkades selanjutnya.

“Kami mendapat imformasi untuk pelaksanaan Pilkades Serentak akan dilaksanakan pada tanggal16-Desember 2020,” jelasnya.

Sebenarnya, kata dia, pihaknya jauh-jauh hari sudah berkordinasi dengan para panitia Pilkades dan BPD terkait dengan pelaksanaan Pilkades. 

“Adapun mengenai fasilitas, kami sudah berhasil membentuk kepanitiaan berkoordinasi dengan DPMD. Kemudian, menyerahkan sepenuhnya untuk kegiatan Pilkades kepada panitia Pilkades Desa Girimukti,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia,buntuk biaya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang sudah ada. Dan, di masa pandemi Covid 19 ada penambahan biaya, tinggal dibuatkan proposal pencairan.

“Itu semua sudah diserahkan kepada panitia. Sehingga, persiapan di Desa Girimukti sudah maksimal. Jadi pada tanggal 16 Desember 2020 tinggal langsung  pelaksanaan,” paparnya.

Dikatakan, di masa pandemi covid 19, untuk Pilkades Serentak 2020 pemerintah Desa Girimukti telah menyiapkan delapan tempat pemungutan suara (TPS). Awalnya, hanya dua TPS. Semua itu dilakukan untuk mencegah penularan penyebaran covid-19. 

“Semua anjuran pemerintah kita dukung dan kita usahakan. Pada pelaksanaannya warga tidak berkerumun, tetapi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya panitia Pilkades. Termasuk, penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas utama,” pungkasnya. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed