4 Bulan Raskin Menghilang

4 Bulan Raskin Menghilang

AMBIL JATAH: Sejumlah warga mengambil jatah raskinnya beberapa waktu lalu. Sayang, warga OTD Jatigede selama empat bulan terakhir ini tidak mendapatkan raskin yang tidak kunjung datang.(DOK.ASEP HERDIANA/SUMEKS)

PEWARTA: Heri Purnama/Usep Adiwihanda

*Tak Ada Penjelasan, OTD Kebingungan

JATIGEDE – Ratusan warga miskin di Wilayah Jatigede, mengeluhkan keterlambatan beras miskin (raskin). Sudah sekitar empat bulan ini, raskin yang dibutuhkan keluarga kurang mampu tidak kunjung datang.

Padahal sebelumnya, raskin biasa datang rutin setiap bulan. Keberadaan raskin sendiri, tentunya sangat dibutuhkan banyak masyarakat yang memang kurang mampu, terlebih warga yang berada di relokasi atau warga eks genangan Waduk Jatigede.

Sumardi salah seorang Orang Terkena Dampak (OTD) genangan Waduk Jatigede yang saat ini tinggal di relokasi Desa Mekar Asih, Kecamatan Jatigede, mengatakan bahwa raskin yang datang ke desa lalu disalurkan kepada warga miskin itu, sangat membantu meringakan biaya hidup mereka. Apalagi saat ini, kondisi ekonomi di relokasi sangat lemah dan warga tidak punya lahan garapan sawah.

“Kami jelas membutuhkan raskin, karena saat ini kita tidak punya ladang padi,” katanya saat ditemui di relokasi Mekar Asih, belum lama ini.

Ia menyebutkan, selama ini warga hanya mengandalkan penghasilan dari hasil berkebun, dan hasil kebunnya itu dibelikan beras. Untuk membeli beras, warga harus mengeluarkan uang Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu untuk satu liternya. Tapi dengan adanya raskin, warga akan lebih irit sampai beberapa presen.

“Kalau kita beli beras biasa, tentu akan lebih boros, tapi kalau ada raskin akan sedikit terbantu,” ujarnya.

Warga menilai, seharusnya pihak terkait dapat merealiasikan raskin secepatnya dan penyalurannya itu bisa tepat sasaran. Namun jika ada perubahan program sampai harus menghilangkan raskin, maka pihak terkait harus mensosialisasikannya langsung kepada masyarakat dan mencari solusi lainnya.

“Sudah empat bulan ini raskin gak ada. Sebenarnya ada kendala apa? Seharusnya pihak terkait turun langsung untuk mensosialisasikannya, agar ada kejelasan,” keluhnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.