40 RTM Sukapura Akan Dapat Bantuan Ayam

40 RTM Sukapura Akan Dapat Bantuan Ayam

PANTAU BANTUAN: Tim Kementan tengah memantau perkembangan ayam bantuan yang diberikan kepada RTM, beberapa waktu lalu.(NET/ILUSTRASI)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

WADO – Bantuan ternak ayam untuk Rumah Tangga Miskin (RTM), diharapkan mampu mendongkrak perekonomian. Rencana bantuan ternak ayam untuk RTM dari pemerintah sekitar 50 ekor itu, cukup bisa membantu masyarakat dalam jangka panjang.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Sukapura Kecamatan Wado, Dahman Rukmana. Bantuan tersebut, merupakan bantuan yang sifatnya mengolah mental masyarakat untuk lebih kreatif. Hal itu, bisa dikembangkan sampai mencapai target maksimal, jika ada keseriusan dari penerima bantuan.

“Bantuan RTM berbentuk ayam, itu akan lebih efektif ketimbang bantuan yang langsung tunai hanya untuk konsumtif,” katanya saat diwawancara di ruangannya, Senin (11/3).

Dalam hal ini, masyarakat yang menerima bantuan, dituntut untuk lebih serius untuk memelihara ayam-ayam. Sebab, hasil sosialisasi pihak terkait kepada para kepala desa, bantuan itu tidak hanya sekedar bantuan ayam saja. Namun, ada untuk kandang dan pakannya.

“Tinggal bagaimana keseriusan penerima bantuannya saja mengelola ayam. Kalau pemeliharaannya bagus, hasilnya juga bagus,” ujar kades.

Semetara itu, ada sekitar 40 RTM di Desa Sukapura yang menerima bantuan. Hal itu, dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan sosial.

“Data yang sudah tercatat, itu hasil survei dari pihak terkait, bukan dari desa, untuk mencegah adanya kecemburuan social. Maka, harus ada teknis yang mengatur pemerataannya. Bisa saja kedepannya ada perguliran ternak dari RTM yang sudah mendapatkan hasil ke RTM yang belum menerima bantuan,” tuturnya.

Pada dasarnya, kecemburuan sosial itu terjadi karena adanya ketidak adilan yang dirasakan para RTM yang tingkat ekonominya sama-sama berada di bawah. Namun dengan sistem yang bergulir, kecemburuan sosial tidak akan muncul.

“Wajar kalau ada rasa cemburu di kalangan masyarakat. Makanya, harus ada sistem yang mengatur ke arah pemerataan terkait bantuan yang dikucurkan pemerintah,” tukasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.