45 Tersangka C3 Diringkus

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

45 Tersangka C3 Diringkus

BARANG BUKTI: Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata SIK menunjukan uang palsu salah satu bukti dari para pelaku kejahatan saat gelar perkara di Mapolres Sumedang, kemarin (6/11).

Pelaku Didominasi Asal Kabupaten Tetangga

KOTA – Dalam kurun waktu satu bulan, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang, meringkus 45 tersangka tindak kejahatan.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata SIK mengatakan, para pelaku kejahatan ini acap kali meresahkan masyarakat. Yang berhasil ditangkap merupakan tersangka pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kita amankan delapan tersangka curas, 17 tersangka Curat, 18 tersangka curanmor ditambah dua tersangka pengedar uang palsu,” kata Hari dalam jumpa persnya di Mapolres Sumedang, kemarin (6/11).

Pengungkapan kasus kejahatan ini, merupakan langkah kepolisian dalam meminimalisir angka kejahatan. “Juga merupakan atensi kapolri yang diteruskan melalui kapolda Jawa Barat,” tuturnya.

Para tersangka ini, didominasi warga kabupaten tetangga, terutama curanmor. Para tersangka yang ditangkap itu, membawa kabur barang hasil curiannya untuk dijual di kampung halamannya.

“Dari para tersangka, kita amankan 14 unit kendaraan roda dua dan empat serta 103 lembar uang palsu pecahan Rp 50 dan Rp 100 ribu,” jelasnya.

Selain barang bukti lainnya, alat dalam melancarkan aksi kejahatan ikut diamankan. “Untuk kasus curanmor, kita terapkan pasal 363, sedangkan curat dan curas, 365 dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara,” ujarnya.

Sedangkan untuk kasus pengedaran uang palsu, pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.