oleh

Fikri Terpilih Jadi Koordinator FON 2016

KOTA – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sumedang, kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Dimana siswanya, Nur Muhamad Fikri terpilih menjadi Koordinator Pusat Forum Osis Nusantara (FON) 2016.

“Berawal dari mengikuti seleksi Indonesia Student Leadership Camp (ISLC 2016) yang diselenggarakan oleh ILead Universitas Indonesia pada Bulan Juli 2016,” kata Fikri, sapaan akrab siswa kelas XII IPA 4 itu kepada Sumeks, Selasa (20/9).

Dikatakannya, ia terjaring ke dalam 100 ketua osis terbaik se-Indonesia, untuk mengikuti pendidikan kepemimpinan yang telah dilaksanakan pada 31 Agustus-1 September lalu di Jakarta.

“Selain pendidikan kepemimpinan, kami juga mengikuti seminar nasional dan work shop bersama tokoh nasional. Diantaranya Bu Retno dari aktifis sosial pendidikan, DR. Arif Munandar (Dosen UI), Walikota Depok, Dirut Ilead UI, dan Sekretaris Perdana Mentri Malaysia, pada saat mengikuti pelatihan di Malaysia tangga 2-5 september,” tuturnya.

Selama menjalani pelatihan, Fikri mendapat berbagai ilmu tentang kepemimpinan.

“Untuk memberikan kontribusi kepada negeri tercinta, kita tidak harus menjadi pejabat atau pemimpin di suatu instansi,” terangnya.

Dan kehebatan dari suatu organisasi, kata Fikri, tergantung dari kekompakan dan komiktmen masing-masing pengurus. “Apakah kita pantas disebut menjadi pemimpin? Masih banyak tugas untuk menyelesaikan semua hal tersebut. Dalam artian, kita bisa disebut menjadi seorang pemimpin apabila kita telah mengayomi anggota kita, berkontribusi, dan dibutuhkan oleh para anggota,” katanya.

Siswa asal Kecamatan Cisitu ini menuturkan, pemilihan Ketua Koordinator Forum Osis Nasional, terlebih dahulu dibentuk sebuah departemen yang telah dijelaskan job descrpition oleh para alumni.

“Langkah selanjutnya melakukan diskusi dengan setiap departmen yang berlanjut ke pemilihan ketua, hingga pada akhirnya saya terpilih sebagai ketua koordinator FON,” terangnya.

Dari seratus peserta, kata Fikri, terjaring 11 kandid-kandidat calon ketua. Dari sana, tersisa tiga calon termasuk dirinya dan setelah dilakukan sleksi yang ketat, terpilihlah Nur Muhamad Fikri sebagai ketua koordinasi.

“Alhamdulillah, 55 persen suara memilih saya sebagai ketua,” terangnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Sumedang, Yosef mengapresiasi prestasi yang dicapai Fikri dalam mengharumkan almamater sekolahnya. “Kami sangat mendukung kiprah Fikri dalam kegiatannya untuk memajukan organisasi kesiswaan,” tukasnya. (mg1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed