oleh

Man Gelar Masatamu

KOTA – Sebanyak 200 siswa Kelas 10 MAN 2 Sumedang mengikuti kegiatan perkemahan dalam rangka masatamu di Bumi Perkemahan Padayungan Cimalaka, Jum’at (23/9).

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) MAN 2, Ma’mun Khoer mengatakan, kegiatan perkemahan yang dilaksanakan selama dua hari satu malam, 23-24 september 2016, itu merupakan kegiatan rangkain prosesi penerimaan keanggotaan pramuka baru Tahun Ajaran 2016/2017 atau sering dikenal dengan istilah Masatamu.

“Siswa di sekolah kami diwajibkan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler Pramuka,” kata Ma’mun kepada Sumeks, belum lama ini.

Dikatakannya, dalam pendidikan kepramukaan terdapat nilai-nilai ajaran yang sinergis dengan pembentukan karakter anak bangsa. “Hal itu tertuang dalam tri satya dan dasa dharma pramuka,” kata Ma’mun.

Ia berpendapat, dengan cara mengikuti kegiatan Pramuka, maka dalam diri siswa akan tertanam jiwa kebersamaan, pendewasaan diri dan cinta tanah air.

Karena bagian dari rangakai kegiatan perkemahan tersebut, didalamnya terdapat sejumlah materi yang diberikan oleh pembina kepada anggota Pramuka.

“Mulai dari pengenalan kepramukaan, sejarah pramuka, bagai mana sikap seorang Pramuka saat berada di tengah masyarakat hingga belajar cara-cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan,” tuturnya.

Tak heran, kata dia, jika anggota Pramuka sering dijumpai pada momen-momen tertentu, seperti saat terjadi bencana alam mulai dari tanggap darurat hingga pasca bencana, bahkan saat arus mudik dan balik lebaran pun anggota Pramuka selalu dilibatkan.

“Karena mereka telah dibekali berbagai ilmu tersebut,” katanya.

Ia berharap, dengan menjadi anggota pramuka, siswanya dapat memiliki ahlak yang baik serta kembali mengukir prestasi seperti kakak kelasnya terdahulu yang pernah menyabet juara tiga Pramuka tingkat Nasional. (mg1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed