oleh

Seni Umbul Menular ke PAUD

SITURAJA – Kesenian jenis tari umbul sudah ditularkan ke generasi muda. Seni tradisional yang jadi handalan Kecamatan Situraja itu, saat ini bukan hanya diperankan orang dewasa saja, namun juga sudah diterapkan ke anak-anak yang masih duduk di kelas pendidikan usia dini (Paud).

Pemerintah Kecamatan Situraja dan beberapa pihak seperti tokoh kesenian dan pendidikan yang ada di kecamatan tersebut, saat ini menjadikan kesenian itu salahsatu bagian pembelajaran.

“Untuk mengembangkan jenis kesenian ini, pihak kami menjadikan seni umbul ini sebagai ekstra kulikuler (ekskul),” ucap Camat Situraja, Sutisna, pada Sumeks, kemarin.

Menurutnya, mengembangkan seni yang sudah jadi seni khas Kecamatan Situraja memang harus mulai ditularkan dari sejak dini, semakin muda pelaku seni tersebut maka akan semakin kuat.

“Kekuatan seni itu kalau pelakunya punya rasa cinta dan niat untuk mengembangkan seni tersebut makanya kita tanamkan kepada anak usia dini agar mereka dapat menyatu dengan seni ini,” ucapnya.

Dia menilai, Kecamatan Situraja akan terus menjunjung tinggi kesenian, pihaknya tidak mau kalah dengan wilayah-wilayah lain. “Kita harus selalu lebih unggul dari yang lain. Kalau orang lain pemerannya orang dewasa, kita mah sudah bukan orang dewasa lagi justru darah-darah muda yang memerankannya,” katanya lagi.

Selain itu, pemeran seni juga akan berpengaruh terhadap kualitasnya, biasanya masyarakat lebih suka menonton seni umbul yang diperankan oleh anak-anak karena memiliki karisma yang khas.

“Kalau ada pertunjukan umbul yang di perankan anak-anak, jumlah masyarakat yang datang untuk nonton akan lebih banyak,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed