oleh

Emil Siap Bantu Rekontruksi

KOTA – Dalam penanganan relokasi korban bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Walikota Bandung, Ridwan Kamil siap membantu dalam segi arsitektur bangunan yang tahan bencana. Dengan pengalamannya sebagai arsitek, Emil (sapaan Ridwan Kamil) yang pernah merekontruksi daerah bencana, siap memberikan dukungan untuk Sumedang.

“Itu sudah dibicarakan, kebetulan dulu sebelum jadi walikota, saya sebagai arsitek. Saya pernah merekontruksi di Yogyakarta, di Aceh dan dimana-mana. Jadi dengan pengalaman itu, Insya Alloh tinggal bupatinya saja segera siapkan lahan dan konstruksi,” kata pria yang diisukan akan mencalonkan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Sementara yang utama, kata Emil, yaitu masalah dana. Semua pihak perlu harus sama-sama ikhtiar. Secara arsitektur, lanjut Emil, nanti bangunannya yang tahan bencana, yang berbudaya lokal dan lingkungan yang nyaman.

“Mudah-mudahan ini bisa secepat-cepatnya, karena semakin lama kita membangun yang barunya, semakin lama mereka disininya. Dan pasti kurang nyaman lah kalau kelamaan,” kata Emil.

Selain itu, Ridwan Kamil beserta rombongan, turut memberikan sumbangan yang dikumpulkan dari para Netizen, dengan total nilai Rp170 juta.

“Ini melanjutkan bantuan-bantuan yang sudah ada. Total untuk Sumedang ini sekitar Rp170 jutaan. Itu sudah dibelanjakan untuk kebutuhan yang hasil survey per hari ini yaitu kebanyakan membutuhkan pakaian bersih yang baik, kemudian perlengkapan anak-anak sekolah, seperti sepatu,” ujarnya.

Bahkan, selain berikan bantuan, Ridwan Kamil juga turut mendatangkan para musisi dari Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) untuk menghibur para pengungsi. “Bandung itu banyak musisi, jadi kita bawa KPJ untuk menghibur. Agar suasana di pengungsian tidak terlalu stress atau depresi,” sebut Emil.

Ditempat yang sama, Bupati Sumedang, Eka Setiawan telah mengajukan anggaran untuk Tanggap Darurat dan Pasca Bencana yang ditujukan kepada pemerintahan Provinsi Jawa Barat. “Kemarin sudah disepakati, anggaran untuk Tanggap Darurat senilai Rp3,5 M. Dan pasca bencana kita mengusulkan Rp7,5 M. Ini adalah bantuan dari provinsi kepada Kabupaten Sumedang. Dan ini sudah diajukan, pembahasan perubahan ini dilaksanakan kemarin, dan Alhamdulillah dari gubernur sudah ada signal,” kata Eka Setiawan.

Sementara itu, Eka juga mengatakan agar masyarakat tetap sabar. Karena pemerintah sudah berupaya untuk segera merelokasi para korban bencana tersebut. Saat ini Pemerintah Kabupaten Sumedang masih menunggu hasil pengkajian dan penelitian terlebih dahulu.

“Kita harus lakukan tadi, kata kang Emil ini kan tadi harus komunikasi terlebih dahulu. Jadi kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat, yang mana yang akan mereka pilih lokasinya. Jumlah total korban ini 470 an lebih, kita masih menunggu apakah semuanya harus direlokasi, atau sebagian saja. Ada beberapa alternative, tapi kita masih menunggu hasil kajian dan penelitian,” tuturnya menambahkan. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed