oleh

Kades Ciranggem Didesak Turun, Tak Sejalan dengan Warga

JATIGEDE – Ratusan warga Desa Ciranggem, Kecamatan Jatigede mendesak Kades Ciranggem, Toto Suhendar mundur dari jabatannya. Permintaan warga itu dibuktikan dengan aksi unjuk rasa di depan kantor desa, Rabu (28/9). Bahkan, warga menyegel kantor desa karena mereka tak kunjung dipertemukan dengan Kades.

Menurut warga, aksi demo dipicu karena Kades tidak aspiratif dan diduga kebijakan Kades sudah tidak sejalan dengan masyarakat. Aksi demo ini merupakan aksi demo kedua kali.

Sebelumnya beberapa tahu lalu, warga melakukan aksi yang sama karena kebijakan Kades tidak pro warga. Namun saat itu warga mau menerima permohonan maaf Kades yang berjanji akan memperbaiki kinerjanya.

“Ternyata hingga saat ini, Kades tetap bersikap kurang membela warga. Selain itu kurang transparan dalam berbagai hal,” kata Ade tokoh masyarakat setempat, diamini warga lainnya.

Ia mengatakan, kemarahan warga kali ini dipicu oleh tidak respeknya Kades dalam membela warga untuk mendapatkan kompensasi dampak sosial Waduk Jatigede. Bukannya membela, Kades malah menyalahkan warga yang hendak komplain terkait uang kompensasi tersebut.

“Ada sekitar 43 KK yang melakukan komplain agar mendapatkan kompensasi. Tapi tidak pernah dibela sama kuwu,” ungkapnya.

Selain itu, warga juga mempertanyakan terkait dampak jalan lingkar Jatigede yang belum terbayarkan. Disini warga menduga Kades cuci tangan dan terkesan malah menyalahkan warga.

“Persoalan lainnya, terkait perekrutan perangkat desa yang tidak pernah berkoordinasi dengan BPD. Warga melakukan demo kembali karena ternyata sikap dan kebijakan Kades tidak berubah,” kata warga lainya, Lutfi.

Dalam aksi itu warga, mengaku meminta Kades untuk langsung mundur, sebab pada aksi terdahulu pernah berjanji, jika masih tidak pro rakyat, Kades siap mundur.

“Pada aksi demo dulu, Kades kan janji. Kalau mengulangi kesalahan siap mundur. Nah makanya sekarang kami minta Kades mundur. Karena tak bisa menepati janjinya,” ucapnya.

Aksi warga tersebut mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan langsung menemui warga dan melakukan dialog. Sedangkan untuk menghindari emosi warga, dikabarkan Kades Ciranggem Toto Suhendar diamankan oleh petugas.

Dalam dialog, Camat Jatigede, Kemal Idris menyebutkan, pihaknya akan berupaya memfasilitasi keinginan warga untuk disampaikan ke Kades. Kemudian ditindak lanjuti dengan akan mempertemukan perwakilan tokoh Ciranggem ke pihak Pemkab Sumedang. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed