oleh

Korban Belum Ditemukan, Terkendala Banyak Sampah

WADO – Para pencari korban tenggelam, Rahmat alias Si Belek, mengaku terkendala banyaknya sampah dan bangunan yang belum di bongkar. Meski mereka telah menerjunkan tim SAR dari Bandung untuk menyisir lokasi kejadian, hingga Rabu (5/10) sore belum ada titik terang.

“Lokasinya memang berat, banyak bekas bangunan yang belum dibongkar. Selain itu, untuk sekarang ini banyak sampah kiriman dari Garut, menumpuk di sekitar lokasi kejadian,” kata Defa Setiadi, anggota Satpol PP Kecamatan Wado, yang turut serta dalam pencarian.

Kepala Desa Cisurat, Asep Widiana, membenarkan terkait hal itu. Kata dia, warga dan Tim SAR sudah berupaya maksimal, menyisir setiap jengkal di area sekitar tempat kejadian peristiwa (TKP) di blok Panday, Dusun Cisurat, Desa Cisurat.

“Warga di sini terus melakukan penyisiran bahkan waktu dihentikan sejenak, warga terus melakukan pemantauan. Alhamdulillah, kepedulian warga kepada korban sangat tinggi, bahkan warga pun menunggu semalaman di tempat kejadian karena ditakutkan jasad korban muncul pada malam hari,” ujar Kepala Desa Cisurat, Asep Widiana.

Komandan Regu Tim SAR, Noval, menyebutkan sampai hari kedua pencarian korban tenggelam atasnama Rahmat, yang dilakukan timnya dibantu warga masih nihil. Bahkan pihaknya kesulitan untuk menyisir karena tumpukan sampah bekas material bangunan sangat menumpuk.

“Sampai saat ini (kemarin, pukul 14:30 wib, red.) hasil pencarian masih nihil, kami terkendala oleh sampah,” ucap Komandan Regu Tim SAR, Noval.

Selain itu, di dalam airnya masih ada sedikit pergerakan hal itu bisa disebabkan oleh dorongan air dari sungai Cimanuk yang masih mengalir. Karena, sebut dia, TKP tidak jauh dari sungai Cimanuk dan bisa juga karena adanya tiupan angin yang menggerakan arus. Sebab itu ada kemungkinan korban tenggelam bergeser dari TKP.

“Memang dalam kondisi seperti ini yang banyak sampah dan airnya ada pergerakan itu tidak mudah untuk kita menemukan korban,” kata dia.

Tim SAR juga menurunkan dua penyelam untuk mengecek ke dasar waduk, namun pandangan di dalam menurut tim penyelam sangat gelap. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed