oleh

Jatigede Kudu Ada Posko SAR

WADO – Sumedang sudah saatnya memiliki posko tim SAR dan peralatan lengkap untuk evakuasi korban tenggelam. Saat ini, Kota Tahu, telah memiliki perairan Jatigede yang mulai banyak di kunjungi para wisatawan.

Komandan Regu (Danru) Badan SAR Nasional (Basarnas), Arief Budiman, membenarkan hal itu. Ia menyebutkan di lokasi wisata air memang sangat sensitif dengan kejadian korban tenggelam dan penemuan mayat. Terlepas daripada banyaknya mayat yang bersarang di wilayah genangan tersebut yang berasal dari Garut, dia menilai setiap ada orang hanyut dari wilayah Garut kalau tidak tersangkut di sungai Cimanuk, maka sudah pasti akan terapung di genangan Jatigede.

“Saya rasa di wilayah-wilayah besisir waduk ini, perlu dilengkapi peralatan seperti alat evakuasi seperti perahu karet dan orang-orang ahlinya,”kata Komandan Regu (Danru) Badan SAR Nasional (Basarnas), Arief Budiman.

Lanjut dia, warga setempat juga sering ditemukan beraktivitas di kawasan bendungan baik aktivitas transportasi seperti warga Cisurat kalau mau ke pasar Wado ada beberapa orang diantaranya sering menggunakan jasa perahu.

“Apalagi bendungan ini sering digunakan masyarakat untuk aktivitas, jelas ini sangat beresiko,” ucapnya.

Selain itu, warga juga belum begitu peka dengan ancaman kecelakaan air, mereka beraktivitas di hamparan waduk dengan tidak menggunakan alat pengaman seperti pelampung dan yang lainnya.

“Saya perhatikan, beberapa warga yang beraktivitas tidak menggunakan alat pengaman, itu lebih beresiko,” ucapnya.

Senada diucapkan salahseorang warga setempat, Ujang, ia mengharapkan di wilayah besisir waduk memang sudah sepantasnya memiliki peralatan evakuasi kecelakaan air.

“Kalau ada di Kecamatan Wado atau Darmaraja, warga juga lebih mudah untuk melapor adanya pristiwa dan tindakan pun akan lebih cepat lagi,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed