oleh

Tomo Bentuk Posko PBA, Antisipasi Adanya Bencana Alam

TOMO – Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Tomo, akan membentuk Posko Penanggulangan Bencana Alam (PBA). PBA akan mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam yang terjadi di Wilayah Tomo.

Camat Tomo, Encu Nursyamsu S,Ip, mengatakan, PBA terdiri dari berbagai unsur masyarakat. Diantaranya, Forkopimka Tomo, pemerintahan desa, satpol PP, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta berbagai unsur masyarakat lainnya.

“Posko PBA dibentuk dan terdiri dari berbagai unsur. Setiap desa dipastikan untuk menyiapkan perwakilan untuk bergabung dalam PBA,” kata Encu kepada Sumeks di kantornya, Rabu (5/10).

Encu menambahkan, apabila terjadi bencana di suatu titik, maka dipastikan PBA dari desa-desa akan bergabung. “Mereka akan bersatu menanggulangi bencana yang terjadi,” tambahnya.

Posko PBA sendiri, dibentuk atas inisiatif Forkopimka Tomo dan sudah dimulai sejak beberapa hari, semenjak musim hujan mulai datang. “Rencananya Posko PBA akan dibentuk di kantor kecamatan ataupun di Polsek Tomo. Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu,” jelasnya.

Dikatakan Encu, ada beberapa titik yang patut diwaspadai terjadinya bencana alam di Kecamatan Tomo. Diantaranya, Desa Cipeles dan Dusun Benteng Desa Tolengas, merupakan daerah rawan bencana banjir. Serta Desa Jembarwangi yang merupakan daerah rawan longsor.

“Lainnya, yaitu Desa Tomo, dan Desa Cipeles, adanya abrasi Sungai Cimanuk dan Sungai Cipeles,” katanya.

Diharapkan, Posko PBA dapat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Tomo. Selain itu, Posko PBA juga selalu siap siaga menanggulangi bencana. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed