oleh

Rusak, Tanjakan Kadongdong Berbahaya

CONGGEANG – Tanjakan Kadongdong di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, dinilai beberapa pihak sangat berbahaya. Pasalnya, tanjakan di Jalan Conggeang – Ujungjaya yang berstatus jalan kabupaten itu, sangat curam.

Pantauan Sumeks, lapisan aspal di tanjakan tersebut sudah mengalami kerusakan. Sehingga tidak jarang, kendaraan roda maupaun empat mengalami slip ban saat melalui tanjakan dari arah Ujungjaya menuju Conggeang.

“Tadi saja ada beberapa mobil yang tidak bisa naik dari arah Ujungjaya. Kami stanby untuk membantu mereka di tanjakan tersebut,” kata seorang petugas dari Polsek Conggeang, Aiptu Hadi Susanto saat memulai obrolannya dengan Sumeks, Kamis (6/10).

Hadi menambahkan, kondisi jalan yang rusak dari bawah, membuat para pengendara tidak bisa memacu kendaraannya. “Sehingga saat melalui tanjakan, mereka tidak dapat naik langsung,” tambahnya.

Hadi menerangkan, dengan amblasnya jalan Cirebon Bandung di Cireki Tomo, banyak kendaraan memilih jalur Conggeang-Ujungjaya, untuk menghindari kemacetan. Di kawasan tanjakan Kadongdong, warga setempat memberlakukan sistem buka tutup.

“Hal itu cukup membantu kendaraan di saat berpapasan,” tandasnya.

Terpisah, warga setempat, Ajum menyebutkan, tanjakan tersebut cukup berbahaya dan rawan akan kecelakaan. Tidak jarang, mobil harus mundur lagi karena tidak kuat menanjak.

“Apalagi saat musim hujan seperti ini. Kondisi jalan menjadi licin akibat tanah mengalami becek,” kata Ajum.

Menurutnya, kendaraan-kendaraan berat banyak yang melintas di tanjakan tersebut. Terutama kendaraan bermuatan batu dengan muatan penuh hingga melebihi batas bak kendaraan.

Ajum berharap, tanjakan Kadongdong segera diperbaiki. Hal itu, akan memudahkan para pengendara dalam memacu kendaraannya disaat menanjak.

“Mudah-mudahan jalan sudah dapat diperbaiki secepatnya. Sebab jalur ini cukup banyak dilalui para pengendara sebagai jalur pilihan,” tutupnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed