oleh

Pelayanan e KTP Lambat, Warga Harus ke Cimanggung

JATINANGOR – Sejumlah warga Jatinangor mengeluhkan lambatnya pembuatan e KTP di kantor Kecamatan. Padahal warga sangat membutuhkan KTP untuk perayaratan administrasi bank dan peryaratan lainnya.

Salah seorang warga RW 03 Dusun Citangulun Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor, Ila Kusumah mengatakan dirinya kesal dengan pelayanan e KTP di Jatinangor yang kerap gangguan. Bahkan sama sekali tidak bisa.

Dirinya pun harus menunggu hingga beberapa minggu setelah akhirnya membuat KTP di Kecamatan Cimanggung.

“Suami saya sudah buat KTP di Jatinangor hingga dua bulan belum selesai. Saya baru satu minggu membuat di Cimanggung langsung selesai,” katanya saat ditemui Jateks di Kantor Desa Cintamulya, kemarin.

Dia pun menyayangkan Jatinangor yang nitabene kawasan perkotaan tidak bisa menyelesaikan permasalahan pembuatan KTP. Bahkan dinilai kurang profesional karena di Cimanggung bisa.

“Malu saja masa warga Jatinangor harus membuat ke Cimanggung. Bagaimana kalau mahasiswa atau warga pendatang yang mau buat KTP,” akunya.

Kepala Desa Cintamulya, Dadan Wardana melalui stafnya Arif Wahyudin mengatakan terlambatnya pembuatan e KTP di Jatinangor karena mesin server yang tidak invalid dengan Disduk. Padahal, kata dia, sudah ada mesin server baru dari Disduk. Tapi pembuatan e KTP masih terkendala.

“Harusnya staf di kecamatan berguru ke staf kecamatan Cimanggung. Masa akibat server tidak bisa. Kasian warga Jatinangor yang terkotang katung membuat KTP,” katanya.

Menurut dia ada kurang lebih 200 warga yang belum mendapatkan e KTP gara-gara mesin server gangguan.

Padahal KTP sangat diperlukan untuk keperluan administrsi seperti melamar pekerjaan, syarat bank, dan persyaratan aplikasi lain.

Hal senada dikatakan Kades Cipacing, Iwan Kurniawan SE. Menurutnya ada kurang lebih 500 warga Cipacing yang belum mendapatkane KTP karena terkendala mesin server. Dia pun menyarankan warga agar membuat KTP di Cimanggung.

“Kami arahkan warga untuk buat di Cimanggung dengan rekomendasi dari desa masing-masing. Ada sebagian warga yang keberatan karena masalah akses yang jauh,” katanya.

Iwan pun berharap agar pelayanan KTP di Jatinangor kembali normal. Sebab sangat dibutuhkan warga terutama yang akan mengajukan persyaratan kerja dan urusan bank.

Camat Jatinangor, Maman Wasman mengaku jika pembuatan e KTP di Jatinangor memang terkendala meain server. Namun pihaknya juga tengah mengupayakan perbaikan mesin server.

Opsi yang dipilih camat, katanya, dengan melakukan koordinasi dengan kecamatan terdekat untuk bisa melayani warga Jatinangor yang akan membuat e KTP. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed