oleh

Cipelang Melaju ke Tingkat Jabar, Ikuti Evaluasi P2WKSS

UJUNGJAYA – Tim penilai Provinsi Jawa Barat (Jabar), melakukan evaluasi terakhir program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan sejahtera (P2WKSS), Kamis (13/10). Evaluasi itu, dilakukan terhadap 100 Kepala Keluarga (KK) binaan di Dusun Wisnu RT 1, 2 dan 3, RW 1, Desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya.

Berbagai kegiatan, dilaksanakan dalam Program P2WKSS tersebut. Diantaranya, sosialisasi tentang gender dan hak-hak anak, pelatihan kerajinan tangan, tata boga, membuat hantaran, menjahit, melakukan budidaya jamur, dan olah makanan dari jamur. Selain itu, dilakukan berbagai pembangunan fisik sarana umum. Seperti kegiatan pembuatan MCK pada rumah tidak layak huni (rutilahu), pengerasan jalan desa sepanjang 600 meter, pengerasan jalan gang sepanjang 150 meter, pemasangan PJU di tiga titik serta rehab rutilahu sebanyak tiga rumah.

Kepala BPMPDKBPP, H. Teddy Mulyono mengatakan, lokasi P2WKSS Tahun 2016 di Kabupaten Sumedang, ditentukan di Kecamatan Ujungjaya, atas berbagai pertimbangan. Kecamatan Ujungjaya, menempati urutan ke-9 dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, dalam jumlah keluarga miskin terbanyak.

“Di Kecamatan Ujungjaya terdapat kurang lebih 3.208 KK miskin,” ujar Teddy dalam sambutannya.

Menurutnya, tujuan dari program itu, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas. Terutama, dengan meningkatkan peran perempuan melalui pola pendekatan lintas bidang pembangunan yang terkoordinasi.

Di Desa Cipelang, yang menjadi sasaran dalam program P2WKSS, adalah desa dengan kategori keluarga miskin sebanyak 215 KK. Sebanyak 32,43 persen dari jumlah tersebut, berada di RW 01 Dusun Wisnu. Sedangkan sasaran evaluasi, yaitu 100 Keluarga Binaan

“Termasuk kondisi fisik lingkungan, kondisi sarana prasarana, serta kelompok-kelompok masyarakat yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang, H Eka Setiawan menyebutkan, Kecamatan Ujungjaya dalam beberapa tahun ke depan dinilai memiliki prospek yang cerah. Mengingat, Ujungjaya diproyeksikan menjadi salah satu kawasan industri di Kabupaten Sumedang.

“Selain itu, berdekatan dengan dua proyek nasional yaitu Bandara Kertajati dan Tol Cisumdawu,” ujar Eka di sela kegiatan penerimaan tim evaluasi P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Menurut Eka, berbagai peluang nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan untuk turut mengurangi angka kemiskinan di Kecamatan Ujungjaya. Begitu juga, dengan kegiatan P2WKSS yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang diawali dari keluarga dengan wanita sebagai subjeknya.

“Untuk menyambut proyeksi yang akan ada di kecamatan ini, harus ada kesiapan dari warga, termasuk SDM-nya. Semuanya diawali dari keluarga dengan kaum ibu sebagai salah satu penggeraknya,” tuturnya.

Dikatakan Eka, P2WKSS merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan. Disamping itu, akan mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia, serta bertujuan untuk meningkatkaan kualitas hidup perempuan melalui pemecahan berbagai permasalahan. Yaitu, pada aspek pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat, terutama di kalangan keluarga miskin.

Eka pun, mengapresiasi Desa Cipelang yang berani mengikuti kegiatan evaluasi P2WKSS. Serta, berharap kepada Tim Evaluasi agar bisa memberikan masukan dan dorongan demi perbaikan Desa Cipelang ke depan.

“Tidak hanya sekedar untuk meraih juara, kita harapkan kehadiran Tim Evaluasi dapat memberikan masukan dan koreksi demi kemajuan Desa Cipelang ke depan,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Desa Cipelang, Wowo, berharap hasil pembinaan dalam Program Terpadu P2WKSS akan seterusnya dilakukan di kalangan masyarakat. Terutama, terkait kesadaran akan peran wanita di keluarga dan masyarakat. Tidak hanya karena akan mengikuti lomba ini saja, tetapi harus mendarah daging di masyarakat. “Dan, semoga hasil pembinaan dan pelatihan juga akan ditularkan ke masyarakat lainnya, sehingga menjadi lebih membudaya,” harap Wowo. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed