oleh

Prioritaskan Soft Skill dan Networking

JATINANGOR – Guna menunjang kemampuan mahasiswa diluar kegiatan kampus, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Al Ma’soem mewajibkan mahasiswanya mengikuti kegiatan diluar kampus.

Sebba, menurut Direktur Akademis, Asep Sujana MM, pengembangan diri dan kemampuan seorang mahasiswa tidak hanya terbatas kepada materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen di kelas. Atau pun tingginya Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang dicapai. Untuk mengembangkan skill dan networking, banyak kegiatan positif diluar kampus yang dapat dilakukan oleh mahasiswa disela-sela aktivitas mereka sebagai mahasiswa.

“Berbagai kegiatan diluar kampus tersebut seperti; kegiatan freelance atau part-time job selama tidak menggangu kegiatan perkuliahan, bergabung dengan berbagai komunitas untuk menambah wawasan dan jejaring (networking), menghadiri berbagai kegiatan workshop, pelatihan dan seminar-seminar yang dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan soft skill, ataupun start up usaha untuk menjadi entrepreneur dalam dunia e-commerce,” kata Asep Sujana.

Menurut dia, banyak manfaat positif yang bisa didapat oleh mahasiswa dengan meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas diluar kegiatan di kampus. Kampus juga, kata Aseo, mendorong mahasiswanya agar keluar dan mengeksplorasi sendiri berbagai kegiatan positif di masyarakat sekitar mereka juga dibutuhkan.

“Kampus AMIK-STIBANKS Al Ma’soem sangat mendukung sekali mahasiswanya untuk melakukan berbagai kegiatan diluar kampus yang dapat memberikan manfaat bagi mereka,” katanya didampingi Humas Al Ma’soem, Asep Dedi Suhendri.

Kampus AMIK-STIBANKS Al Ma’soem, lanjut Asep, rutin menyelenggarakan pelatihan, workshop, dan seminar-seminar yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan skill mereka. Kegiatan positif diluar kampus dapat dimanfaatkan juga oleh mahasiswa sebagai pengembangan diri dan karakter bagi mereka.

Fresh-graduate AMIK-STIBANKS tahun in Dedi Jaiz mengungkapkan bahwa dengan mengikuti kegiatan diluar kampus selain dapat memberikan nilai-nilai positif bagi dirinya, hal tersebut dapat juga membantu dalam mengembangkan minat dan hobi.

“Kegiatan diluar kampus yang kemarin saya ikuti saat masih menjadi mahasiswa adalah dengan ikut dalam komunitas e-commerce, dari situ saya tidak hanya dapat pengetahuan seputar entrepreneurship saja tapi juga mendapatkan jejaring (networking) dengan banyak orang,” terang Asep Dedi.

“Jadi jangan takut untuk selalu ekplorasi kemampuan dan minat dengan mengikuti berbagai kegiatan diluar kampus, karena manfaat yang didapat oleh mahasiswa dari berbagai kegiatan tersebut dapat membantu mereka setelah lulus nanti,” tandasnya. (rls/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed