oleh

Jalan Ciurug Mulai Dibenahi

JATINUNGGAL – Akses jalan di Dusun Sukamanah, Blok Ciurug, Desa Sukamanah, Kecamatan Jatinunggal, akhirnya dibenahi. Setelah sekian lama warga mengidamkan akses jalan pintas untuk menempuh ibu kota Kecamatan Jatinunggal, akhirnya tahun ini terealisasi, dengan anggaran dana PIK dan dana desa (DD).

Kepala Desa Sukamanah, Didin Cahrodin memaparkan, jalan yang memiliki panjang sekitar 1,7 km itu, saat ini tengah dilakukan perbaikan. Adapun pengerjaan pengaspalan, menggunakan dana PIK sepanjang 900 meter dan sisanya 800 meter menggunakan dana desa yang hanya rehab ringan saja.

“Dari 1,7 km itu kita bagi dua. 900 meter oleh PIK, dan 800 meter dari dana desa. Hal itu dilakukan agar jalan tersebut bisa tersentuh bantuan 100 presen,” katanya kepada Sumeks, Senin (17/10).

Saat ini, pengerjaan keseluruhannya sudah sekitar 65 presen, dan itu sudah berikut dengan saluran irigasinya. Ditambah lagi dengan penambahan pelebaran jalan yang tadinya 2,5 meter menjadi 3 meter.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, maka kita lakukan tambahan lebar badan jalan, karena kondisi jalan yang curam itu sangat berbahaya jika terlalu sempit,” ujarnya.

Didin menilai, akses jalan tersebut adalah akses penting bagi warga yang ada di Desa Cimanintin, Cipeundeuy, dan Desa Sukamanah. Dimana dari Sukamanah untuk menempuh pusat kota kecamatan, akan lebih singkat jika melalui jalan tersebut ketimbang harus lewat kirisik.

“Kalau lewat Cipeundeuy-Kirisik itu bisa 7 km, tapi lewat Blok Ciurug ini bisa membuang beberapa kilometer,” tutur kades.

Selain itu, akses tersebut juga adalah akses penting bagi pertumbuhan perekonomian warga. Sebab para petani akan lebih menghemat ongkos angkutnya, sehingga keuntungan yang mereka dapatkan bisa lebih maksimal lagi.

“Selain akses jalan pintas ini, juga sebagai akses penunjang perekonomian,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed