oleh

IPB Juara Lomba CCM

JATINANGOR – Klinik Tanaman Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran  menggelar Cerdas Cermat bagi mahasiswa (CCM) Agroteknologi  tingkat nasional di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (18/10).

Dalam ajang ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi juara pertama, dengan posisi kedua ditempati Universitas Gadjah Mada dan juara ketiga diraih Universitas Brawijaya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ilyafad Syahputera mengungkapkan bahwa Lomba Cerdas Cermat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Plant Protection Day 2016 yang digelar mulai hari ini hingga Jumat (21/10) mendatang. Selain Lomba Cerdas Cermat, hari ini juga digelar Paper Competition di Bale Rucita Unpad, yang pemenangnya akan diumumkan pada Jumat mendatang.

Kegiatan Plant Protection Day 2016 ini diikuti oleh 63 peserta dari 12 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Untuk Lomba Cerdas Cermat sendiri diikuti oleh 15 kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 orang peserta.

“Selain menambah wawasan mereka, juga sebagai eksistensi dari masing-masing universitas,” ujar Ilyafad saat mengungkapkan alasan digelarnya Lomba Cerdas Cermat.
Lomba Cerdas Cermat ini dilakukan dalam tiga babak. Mulai dari Babak Penyisihan, Babak Semifinal, hingga Babak Final. Bertindak sebagai juri adalah para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun Paper Competition diikuti oleh 11 peserta. Sejumlah makalah tersebut telah melalui penilaian tahap pertama oleh para juri, dan hari ini dilakukan penilaian tahap dua, yaitu presentasi makalah dihadapan para juri. “Nanti dipilih tiga orang, jadi juara satu, dua, dan tiga,” ungkap Ilyafad.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Ilyafad pun berharap bahwa para mahasiswa Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia dapat semakin menambah wawasannya di bidang perlindungan tanaman, khususnya hama dan penyakit tumbuhan.

Plant Protection Day  merupakan gelaran tahunan Hima Klinik Tanaman Faperta Unpad, dan kali ini merupakan pelaksanaan yang kelima. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Perkembangan Teknologi dalam Bidang Perlindungan Tanaman”.

Selain Lomba Cerdas Cermat dan Paper Competition, kegiatan lain yang akan dilaksanakan adalah Company Visit dan City tour pada Rabu (19/10), Seminar Nasional pada Kamis (20/10), dan Festival Tani Jatinangor pada Jumat (21/10). (hms*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed