oleh

UKM Rangsang Kreativitas Mahasiswa

JATINANGOR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) secara general dapat dijabarkan sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Fungsinya adalah sebagai kegiatan pelengkap untuk menunjang kegiatan intrakulikuler (proses belajar mengajar/akademik).

Hal itu disampaikan Pudir III Kemahasiswaan AMIK & STIBANKS Al Ma’soem, M. Rizky Wiryawan, S. Ip, M.T. Menurut dia, UKM merupakan suatu kegiatan tanpa bobot Satuan Kredit Semester (SKS) yang pelaksanaannya dapat dilakukan diluar maupun di dalam kampus.

“Tujuan diadakan UKM sendiri adalah untuk pengembangan penalaran dan keilmuan, bakat minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, serta bakti sosial mahasiswa,” katanya.
Kampus AMIK dan STIBANKS Al Ma’some, lanjut dia, menyediakan berbagai jenis Unit Kegiatan Mahasiswa yang termasuk dalam kategori IPTEK, IMTAK, Olah Raga, Seni serta Entrepreneurship dan dapat bebas dipilih oleh para peserta didik yang ingin mengembangkan minat mereka.

Pudir III Kemahasiswaan AMIK & STIBANKS Al Ma’soem, M. Rizky Wiryawan, S. Ip, M.T., menyampaikan betapa pentingnya kegiatan UKM bagi para mahasiswa. “Kegiatan UKM bagi mahasiswa saat mereka di kampus dapat membantu mereka setelah lulus nanti, karena masa perkuliahan bukan hanya sekedar untuk mencari ilmu saja, akan tetapi mempersiapkan mereka juga dalam menghadapi dunia kerja ataupun dunia wirausaha setelah mereka lulus nanti,” terang Rizky.

“Dengan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, mereka bisa belajar bagaimana cara berorganisasi, bekerjasama dengan rekan mereka, bahkan memperluas network yang dapat berguna saat mereka lulus nanti,” tambah Rizky.

Kadang mahasiswa sering kali menganggap remeh pentingnya untuk memiliki kegiatan diluar kegiatan perkuliahan, yang akhirnya malah membuat mereka mengalami kesulitan saat menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus kuliah.

Kadang mahasiswa khawatir bahwa dengan mengikuti UKM akan mengganggu kegiatan perkuliahan mereka, padahal dengan mengikuti berbagai macam kegiatan diluar kegiatan akademik dikampus mereka bisa menambah wawasan, menambah pengetahuan, belajar berorganisasi, belajar berkomunikasi, bahkan belajar untuk memecahkan masalah secara bersama.

“Tidak bisa dipungkiri lagi bila UKM sangat penting bagi mahasiswa, walaupun masih banyak yang kurang setuju dengan pendapat tersebut. Dengan adanya wadah yang dapat membantu mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan potensi yang mereka miliki dapat memandu dan mendorong mereka untuk lebih mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki,” tandasnya. (hms/imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed