oleh

2020 Serempak Terapkan SFD

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)‎ menargetkan pendidikan karakter akan diterapkan seluruhnya pada 2020.

Saat ini penerapannya akan dilakukan bertahap dan hanya pada sekolah-sekolah yang siap.
Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, penguatan pendidikan karakter (PPK) pada pendidikan dasar (SD dan SMP) akan diimplementasikan pada 542 sekolah di 34 provinsi.
Penguatan lima nilai utama karakter, di antaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

“Integritas pada kegiatan inti akan menjadi praktik penerapan di sekolah percontohan PPK. Kami targetkan 2020 seluruh sekolah di Indonesia telah menerapkan pendidikan karakter,” ujar Muhadjir, Selasa (25/10).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menambahkan, pendidikan ka‎rakter sangat dibutuhkan dalam merevolusi karakter anak-anak. Anak-anak dibiasakan mengisi waktu dengan kegiatan positif.

Sementara, menurut Kabid Pendidikan SMK dan Perguruan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim Basmen Nainggolan, kebijakan tersebut diterapkan untuk menjawab berbagai persoalan di bidang pendidikan yang selama ini kerap terjadi.

Sebut saja kenakalan remaja. Skema FDS pun  dipastikan membuat waktu mengajar guru jadi lebih efektif.

“FDS sementara hanya diberikan ke sekolah yang mampu menerapkan. Sistem piloting layaknya penerapan Kurikulum 2013 yang lalu,” ujar Basmen.
Apalagi, dia memprediksi judicial review Undang-Undang 23/2014 tentang Pemerintah Daerah yang diajukan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bakal ditolak Mahkamah Konstitusi. (esy/jpnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed