oleh

SMANSA Gelar Gerakan Literasi Sekolah

FT B
Novelis Pipiet Senja bersama Kepala SMAN 1, Drs Yosep Raharja M. M.Pd

KOTA – Untuk mengembalikan minat baca dan menulis di kalangan pelajar, mahasiswa dan para pendidik di Kabupaten Sumedang, SMAN 1 menggelar acara Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Kampus SMAN 1 Sumedang, Jalan Prabu Geusan Ulun, Nomor 39 Sumedang, Sabtu (29/10).

Acara yang mengusung tema ‘Memperkokoh Jatidiri Bersama Gelora Literasi’ ini untuk pertama kalinya digelar di SMAN 1, bahkan di Kabupaten Sumedang.

Tampak hadir dalam acara tersebut, seorang Novelis terkenal asal Sumedang, Pipiet Senja yang sudah malang melintang di dunia tulisan. Seperti salah satu novel karangannya, Jejak Cinta Sevilla yang rencananya akan dijadikan film layar lebar dalam waktu dekat ini.

“Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan usaha yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah. Seperti peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, termasuk komite sekolah, dan pemangku kepentingan dibawah Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Kepala SMAN 1, Drs Yosep Raharja M.MPd, kepada Sumeks, Sabtu ( 29/10).

Dikatakan Yosep, hasil penelitian berbagai survey menunjukan, tingkat minat baca masyarakat Indonesia berada diurutan paling rendah. “Dengan digelarnya GLS ini diharapka dapat mengembalikan minat baca warga Sumedang pada khususnya,” kata Yosep.

Menurunya tingkat minat baca, lanjut Yosep, salah satunya akibat munculnya teknologi yang mempermudah orang dalam menggali informasi.

“Padahal membaca buku jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan membaca di media elektronik seperti HP,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk mendorong minat baca warga di sekitaran SMAN 1, pihaknya menyulap setiap lorong dan sejumlah pojok sekolah sekolah menjadi ruang baca.

“Dengan banyaknya tempat membaca yang bervariatif, siswa tidak perlu lagi membaca di ruang perpustakaan. Kita sergap mereka dari berbagai penjuru dengan pojok baca,” katanya.

Menanggapi Gerakan Literasi Sekolah yang digelar SMAN 1, Novelis Indonesia, Pipiet Senja mengapresiasi acara tersebut. “Sejak ratusan tahun lalu, membaca sudah diperintahkan Allah SWT melalui Surat Al A’laq, ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW,” katanya. (mg1/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed