oleh

Cijati Bersih dan Berseri, Bentuk Masyarakat Cerdas, Keratif, dan Semangat Membangun

SITURAJA – Desa Cijati, Kecamatan Situraja, membuat Program Cijati Bersih dan Berseri. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Jumat (28/10) lalu, pemerintah desa dan karang taruna, membidik kebersihan di lingkungan desanya.

Hal itu dilakukan, untuk menerapkan rasa cinta terhadap lingkungan. serta memberikan contoh kepada masyarakat, untuk selalu hidup dalam suasana yang bersih.
PLT Kepala Desa Cijati, Somana menerangkan, kegiatan tersebut merupakan sesuatu hal yang harus diterapkan pada setiap lapisan masyarakat. Menurutnya, sekeras apapun upaya yang dilakukan pemerintah desa, tidak akan berefek apapun tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

“Ini upaya untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, dan menciptakan lingkungan yang bersih,” kata kades kepada Sumeks.

Hal serupa dikemukakan Sekertaris Desa Cijati, yang juga Ketua Panitia Kegiatan pencanangan program baru itu, Kikin Sodikin. Kondisi di masyarakat menganai kesadaran membuang sampah pada tempatnya, sudah sangat krisis. Oleh sebab itu, kegiatan yang diselesnggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda itu, difokuskan untuk mengajak masyarakat sadar hidup bersih.

Dia menerangkan, kegiatan yang dimulai dengan senam itu, sudah mencerminkan bahwa pemerintah desa ingin memiliki masyarakat yang cinta dengan kesehatan. Dia menilai, dengan hidup sehat dan bersih, maka akan terwujudnya masyarakat yang cerdas, keratif, dan punya semangat membangun yang tinggi.

“Saya ingin masyarakat Desa Cijati dari berbagai komponen menyatakan komitmen bersama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Karang Taruna Dusun Cijati, Wawan Darmawan menyebutkan, dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-88 ini, Pemuda Desa Cijati siap untuk memperkuat program menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, hal itu merupakan tugas mulia yang dianjurkan juga agama dan sebagai panggilan tanggung jawab sosial.

“Kita juga perlu saling mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, sesuai dengan komitmen bersama yang sudah dibacakan secara bersama-sama tadi saat acara berlangsung,” tuturnya.

Usai pembacaan komintem bersama, Kepala Desa Cijati memberikan peralatan kebersihan kepada Kepala Dusun Cijati secara simbolis. Kegiatan dilanjutkan dengan menyapu besama di sekitaran wilayah kantor desa. (eri/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed