oleh

Longsor Ancam Keselamatan Warga

DARMARAJA – Satu rumah orang terkena dampak (OTD) Waduk Jatigede, kondisinya terancam longsor. Rumah seorang Warga Dusun Munjul, Blok Ciherang Panon, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Anton, sudah beberapa bulan ini, terus dihantui dengan pergerakan tanah yang mengancam rumahnya.

Disebutkan Anton, dari Agustus lalu, tanah yang dijadikan rumahnya itu mengalami pergerakan tanah.

Namun saat itu, kondisinya belum terlalu parah, dan jarak ke bangunan rumah juga masih sekitar lima meter. Namun seiring berjalannya waktu, pergerakan tanah itu terus terjadi dan tidak dapat ditanggulangi.

Saat itu juga, Anton pun melaporkan hal itu kepada pemerintah desa dan warga, untuk meminta bantuan agar dilakukan pembuatan rucuk untuk menahan tanah agar tidak terlalu beresiko terhadap bangunan rumahnya.

“Kalau parahnya sih paling baru seminggu. Tadinya jauh dari rumah, tapi lama-kelamaan semakin mendekati bangunan rumah, dan sampai saat ini sudah sekitar 70 centimeter lagi ke bangunan rumahnya, dan hal itu sangat beresiko tinggi buat keluarga saya,” katanya saat ditemui di rumahnya, Senin (31/10).

Anton menyebutkan, pergerakan tanah tersebut diduga karena intensitas curah hujan yang tinggi. Dalam hal ini, Anton mengaku sudah tidak nyaman tinggal di rumahnya, karena tanah yang terus menerus bergerak membuat dirinya tidak nyenyak tidur.

“Kalau hujan turun malam hari, kami tidak bisa tidur, karena takut longsor terjadi sampai merobohkan rumah saya,” keluhnya.

Diharapkan, longsoran yang panjangnya sekitar lima meter dan ketinggian enam meter itu, bisa diantisipasi sebelum meluas dan mengakibatkan hal-hal yang tidak diingikan. “Saya berharap, adanya ikut campur tangan pemerintah untuk mencegah terjadinya longsor pada rumahnya,” tegas Anton seraya menyebutkan bahwa selama ini belum ada tindakan dan perhatian dari pemerintah setempat. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed