oleh

Cijati Buka Kursus Komputer

SITURAJA – Pemerintah Desa (Pemdes) Cijati, Kecamatan Situraja, tengah meningkatkan kapasitas pemuda desa. Hal itu, terinsfirasi dari banyaknya pemuda yang masih pengangguran karena keterbatasan kemampuan, pihak desa membuat program kursus komputer gratis di kantor desa.

Program tersebut, kini sudah berjalan beberapa bulan terakhir. Sekarang pun, sudah ada lima unit komputer yang siap digunakan untuk kursus.

Sekretaris Desa Cijati, Kiki Sodikin, menerangkan bahwa saat ini, pihak desa baru menyediakan anggaran untuk 15 peserta kursus. Namun pada umumnya, pihak desa membebaskan siapa saja yang mau belajar komputer untuk datang ke desa.

“Kita saat ini, baru fokus untuk 15 orang dulu. Tapi di luar itu pihak desa juga memberikan kebebasan bagi masyarakat yang mau belajar komputer di desa,” kata Kiki saat ditemui di Kantor Desa Cijati, belum lama ini.

Dia menerangkan, pihak desa berupaya meminimalisir adanya pengangguran yang semakin menjamur.

Terkadang, anak yang punya bakat bagus, harapannya kandas karena pergaulan yang kurang bersahabat yang disebabkan putus sekolah. Pada dasarnya, kata dia, anak-anak yang putus sekolah itu, karena terkendala biaya. Dengan begitu, hal ini harus harus mendapatkan perhatian dari semua pihak untuk mencegah anak terjerumus dalam pergaulan bebas.

“Program kursus gratis ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong anak agar punya keahlian, meski harus putus sekolah,” tuturnya.

Untuk kedepannya, program tersebut bisa lebih memiliki kapasitas yang besar, sehingga dapat menampung anak muda lebih banyak lagi untuk kursus secara gratis.

“Kedepannya, saya berharap komputernya bisa lebih banyak lagi. Saat ini baru lima unit yang tersedia,” kata dia.

Selain itu, perangkat desa yang masih belum menguasai komputer, juga bisa ikut belajar. Sehingga kata Kiki, semua perangkat bisa mengoprasikan komputer secara baik. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed