oleh

Baru Diperbaiki Jalan Rusak Lagi

CISITU – Belum lama diperbaiki, jalan kabupaten yang ada di Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu, kembali rusak. Kerusakan sendiri diakibatkan musim hujan, sehingga jalan yang baru beberapa bulan diperbaiki itu kembali rusak.

Kepala Desa Sundamekar, Suharya menyebutkan, jalan yang tidak jauh dari kantor desa itu, memang belum pernah mengalami kemulusan. Hal itu menurutnya, dikarenakan jalan selalu tergerus derasnya air hujan yang mengalir di jalan tersebut.

“Karena kondisi jalannya itu merupakan jalan turunan, jadi air dari jalan itu mengalir deras layaknya di sungai. Hal itu mengakibatkn ada gerusan,” kata kades kepada Sumeks, Rabu (2/11).

Pada dasarnya, sebut Suharya, kekuatan jalan memang tidak menjamin, meskipun menggunakan hotmik yang bagus sekali pun. Gerusan air itu, tetap akan merusak jalan.

Oleh sebab itu, pihak terkait seharusnya membenahi saluran irigasi di sekitar jalan, untuk mencegah adanya luapan air ke jalan.

“Hanya ada satu solusi, kalau mau jalan itu tahan lama, harus adanya penataan saluran irigasi yang mengarah ke jalan tersebut, untuk mengurangi luapan air ke jalan,” tuturnya.

Salah seorang warga sekitar, Suyatna menyebutkan, saat hujan turun di jalan yang merupakan jalan turunan itu, air memang cukup deras. Bahkan jalan tersebut, sebelumnya sempat diperbaiki lagi untuk yang kedua kalinya karena rusak. Tapi sayang, setelah diperbaiki jalan malah kembali rusak.

“Memang jalan ini mah seperti ini, dari dulu tidak pernah mulus. Seharusnya ada solusi yang baik dari tenaga ahli,” harapnya.

Padahal, katanya, akses jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat banyak. Jalan itu juga, satu-satunya jalan yang epektif untuk beraktivitas, dan juga sebagai pendukung perekonomian warga.

“Kita sebagai warga berharap ada solusi untuk mengantisipasi jalan tersebut lebih rusak lagi, karena kita sangat membutuhkannya,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed