oleh

Akses Burujul-Sanca Rusak

BUAHDUA – Ruas jalan kabupaten dari Burujul Kecamatan Buahdua, hingga perbatasan Sumedang Indramayu di kawasan Sanca, mengalami kerusakan di beberapa titik. Jalan sepanjang kurang lebih tujuh kilometer itu, mengalami kerusakan di jembatan Sungai Cikandung, tanjakan Bambu, dan Blok Sinih.

Kerusakan di Jembatan Cikandung, terjadi karena aliran air yang hampir mengikis badan jalan. Terutama, saat terjadi hujan besar.

“Kalau terjadi hujan besar, tanah yang berada di pinggir-pinggir sungai terkikis oleh aliran air sungai. Bahkan sering terjadi longsor,” ujar Sekretaris Desa Ciawitali, Kecamatan Buahdua, Fredi, Kamis (3/11).

Disebutkan, jarak sungai ke badan jalan kini hanya sekitar 10 meter. Setiap hujan, sebutnya, tanah selalu longsor. “Apabila tidak diantisipasi secepatnya, kemungkinan badan jalan juga akan terkena,” tambahnya.

Mengenai pengikisan tanah pinggir sungai oleh aliran air itu, sudah lama terjadi. Tetapi, kata dia, sampai saat ini perbaikan belum dilakukan oleh instansi-instansi terkait.

“Padahal warga sudah merasa khawatir apabila kerusakan dibiarkan. Tanah yang terkikis oleh aliran air akan semakin meluas,” terangnya.

Menurut Fredi, warga sekitar lokasi jembatan, mengharapkan perbaikan segera dilakukan, agar longsoran tanah tidak semakin meluas, hingga mengenai badan jalan dan tanah warga. “Perbaikan seharusnya dilakukan secepatnya. Akses ini cukup penting bagi warga yang bekerja di luar daerah ataupun warga yang menuju Jakarta, Subang, dan sekitarnya yang melalui Tol Cipali,” katanya.

Sementara itu, untuk kerusakan jalan yang berada di Tanjakan Bambu ataupun Blok Sinih, diakibatkan tanah yang labil. Kondisi tanah di kedua lokasi tersebut, merupakan tanah berjenis porang. Kini, jalan pun sudah mengalami retak-retak serta miring. Bahkan, sebagian beton jalan pada bagian bawahnya sudah tidak bertanah.

“Sehingga jalan terancam amblas di dua daerah itu,” tukasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed