oleh

LLA XXVI se-Jawa Meriah

KOTA – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, H. Zaenal Alimin, membuka Lomba Lintas Alam (LLA) XXVI se-Pulau Jawa, yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Ambalan Suria Atmaja-Dewi Sartika, Gugus Depan Sumedang 17.107-17.108, Pangkalan SMAN 1 Sumedang di Alun-alun Sumedang, Minggu (6/11).

Selain dihadiri para peserta dari Gerakan Pramuka se-Pulau Jawa, Upacara Pembukaan LLA ke-26 juga, dihadiri tamu undangan yang terdiri atas Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat, Sigit Udju Lalaprana yang mewakili Gubernur H. Ahmad Heryawan, unsur Andalan Wilayah Priangan Barat yang mewakili, perwakilan Forkopimda Kabupaten Sumedang, jajaran pengurus Kwarcab Sumedang, Mabigus Ambalan Gerakan Pramuka Pangkalan SMAN 1 Sumedang, para pembina, dan tamu undangan lainnya.

Laporan Ketua Pelaksana LLA XXVI, Raefangga Angga Gumara, seluruhnya peserta mencapai 257 regu yang terbagi atas tiga golongan. “Golongan A yaitu Penggalang pelajar SMP dan MTs sebanyak 89 regu, Golongan B Penggalang pelajar SMA dan sederajat sebanyak 122 regu, dan Golongan C pelajar putra-putri SMAN 1 Sumedang sebanyak 46 regu,” ujarnya.

Kegiatan bersifat kompetisi tersebut, lanjut Raefangga, berorientasi kepada peningkatan kualtisa SDM, peningkatan ketahanan fisik dan mental, serta mengacu kepada pendidikan lingkungan yang posistif.

“Selain meningkatkan kepedulian akan kelestarian alam dan hutan, LLA bertujuan untuk meningkatkan ketahanan fisik dan mental anggota Pramuka, meningkatkan rasa cinta dan memiliki terhadap alam sekitar, dan mempererat tali persaudaraan antara anggota Pramuka pada khususnya dan pelajar pada umumnya,” tutur siswa Kelas XII IPA 4 SMAN 1 Sumedang itu.

Sekda H. Zaenal Alimin atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Sumedang kepada seluruh peserta. “Pada dasarnya Pemkab Sumedang menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana mendapatkan pengalaman baru yang berimplikasi pada kualitas pembinaan generasi muda melalui peningkatan peran dan fungsi Gerakan Pramuka secara menyeluruh,” katanya.

Dikatakannya, selain sebagai media silaturahmi serta menambah wawasan dan pengetahuan kepramukaan, LLA juga dipandang sebagai sarana memperkenalkan potensi alam yang ada di wilayah Sumedang dan mengagumi keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya. “Salah satu tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya berupa alam yang subur,” ujar Sekda.

Sekda pun menambahkan, perlombaan tersebut merupakan bagian dari pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang disesuaikan dengan umur, psikologi, fisik, dan kemampuan individu. “Kegiatan ini diharapkan mampu memantapkan mental dan fisik anggota pramuka serta pengetahuan, dan keterampilan kepramukaan,” ucapnya.

Mengenai pembukaan, ditandai dengan penancapan Kapak dan penyematan tanda peserta oleh Sekda H. Zaenal Alimin selaku Pembina Upacara. Sekda juga berkesempatan melepas peserta dengan mengibaskan bendera start. Sementara itu, penampilan Rampak Kendang dari siswi-siswi SMAN 1 Sumedang turut meramaikan upacara pembukaan. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed