oleh

Jalan Palahlar Mulus, Petani Semangat

DARMARAJA – Warga Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja, merasakan manfaat dari perbaikan jalan Blok Palahlar, Kampung Cikarut, Dusun Citembong Hilir. Dengan adanya jalan dari Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu oleh Bupati Sumedang, Eka Stiawan, aktivitas warga menuju persawahan ataupun perkebunan, menjadi mudah dan bisa cepat dengan menggunakan kendaraan.

“Saya sekarang bisa mencari rumput untuk ternak saya ke Blok Palahlar dengan menggunakan sepeda motor, karena jalannya sudah bagus,” ujar Suryana warga sekitar, Minggu (6/11).

Dalam hal ini, warga juga merasakan ada perubahan semangat untuk bertani. Karena sarana jalan yang sudah rapih membuat warga tergugah untuk melakukan kegiatan bertani, seperti mengelola kebunnya dan aktivitas lain. Pada intinya, masyarakat terkadang menjadikan jalan untuk salah satu faktor pendukung yang pokok. Tidak jarang, niat mereka untuk bertani kandas karena melihat kondisi jalan yang amburadul.

“Saya rasa semangat untuk bertani juga semakin bersinergi semenjak jalan tersebut mulus,” kata dia.

Ditambahkan, niat warga untuk bertani semakin tinggi, saat berpikir bahwa akan dengan mudahnya mereka mengangkut hasil taninya. Meski jalan yang sedikit curam, namun jika jalannya mulus, tidak terlalu menyulitkan para petani untuk mengangkut hasil taninya.

“Mobilitas pertanian juga jadi lancar kan, jadi kita sangat terbantu oleh kondisi jalan saat ini,” tuturnya.

Bahkan, hal itu tidak hanya dirasakan warga Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja. Warga Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu, ikut merasakan manfaatnya lantaran jalan tersebut bisa menghubungkan dua desa yang berbeda kecamatan.

“Banyak manfaatnya jalan yang baru diperbaiki ini. Mudah-mudahan dapat bertahan lebih lama,” harapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed