oleh

Tingkatkan Keamanan Lingkungan

SITURAJA – Pemerintah Desa Cijati, Kecamatan Situraja, tengah membidik peningkatan keamanan lingkungannya. Maraknya tindak kriminal pencurian, pemerintah desa tersebut berupaya untuk mencegah hal serupa terjadi di desanya.

Upaya yang dilakukan dalam waktu dekat ini, pihak desa akan mengadakan sosialisasi secara tidak langsung kepada masyarakat, agar peduli terhadap keamanan lingkungan. Kemudian, memberdayakan tugas seorang linmas yang memang sudah menjadi kewajiban mereka untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di wilayahnya.

Dalam hal ini, Sekertaris Desa Cijati, Kikin Sodikin menegaskan, bahwa saat ini kondisi masyarakat dalam hal kegiatan siskamling, masih perlu diberikan arahan dan peningkatan kesadarannya.

“Memang, pihak desa butuh waktu untuk mengajak masyarakat agar tergugah untuk peduli terhadap keamanan lingkungan. Sebab mengandalkan linmas saja rasanya tidak akan cukup,” katanya, kemarin (8/11).

Pada dasarnya, keamanan di lingkungan itu akan tercipta jika adanya kebersamaan masyarakat dalam meningkatkan hal tersebut. Dia menggambarkan, jika rasa kebersamaan sudah tertanam dalam jiwa masyarakat, maka akan timbul rasa ingin saling menjaga dan peduli.

“Di awali dari adanya tindakan sepontanitas dari diri sendiri untuk mewujudkan kondisi yang aman di satu lingkungan, dan selanjutnya tindakan itu akan menular kepada orang terdekat seperti sahabat atau tetangga. Saya rasa hal itu yang saat ini harus dilakukan oleh masyarakat,” tuturnya.

Namun, sangat disayangkan untuk saat ini, linmas masih belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Tugas yang mereka jalankan selama ini, tidak disertai dengan timbal balik dari pemerintah.

Seharusnya, linmas yang bertugas melindungi masyarakat diberikan insentif dari pemerintah.

“Kalau saja linmas punya bentuk kepedulian dari pemerintah, seperti ketua RT, mungkin mereka akan merasa terbebani dan bertugas dengan baik,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed