oleh

Pensiunan Pegawai Pemkab Gelar Pertemuan

KOTA – Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, menghadiri undangan Silaturahmi Purna Bhakti Pegawai Pemerintah Kabupaten Sumedang, yang bertempat di Graha Insun Medal (GIM) Sumedang, Selasa (8/11). Menurut laporan panitia yang disampaikan oleh Iing Tamrin Suadipraja, forum tersebut dihadiri sekitar 300 orang pensiunan dari berbagai angkatan.

“Surat undangan yang kami sebar sebanyak 300 melalui bank-bank tempat mengambil dana pensiun. Alhamdulillah, hampir hadir semua,” ujarnya.

Maksud dari pertemuan tersebut, lanjutnya, semata-mata hanya untuk mempererat tali silaturahmi sesama pensiunan.

“Tidak ada tujuan lain. Pertemuan ini lebih menitikberatkan kepada rasa kekeluargaan dan persaudaraan,” tuturnya.

Dikatakan, pertemuan itu adalah yang kelima kalinya dilaksanakan selama beberapa kali pergantian bupati. “Pada waktu Bupatinya H. Don Murdono pernah dilaksanakan dua kali. Pada waktu H. Endang Sukandar sekali dan H. Ade Irawan masing-masing sekali. Jadi ini yang kelima kali,” ucapnya.

Panitia juga telah menyediakan doorprize sebanyak 46 bingkisan bagi para peserta yang diundi oleh bupati dan tamu undangan.

Sementara itu, dr. H. Noerony Hidayat selaku penggagas acara, menyatakan keinginannya agar pertemuan tersebut bisa rutin dilaksanakan minimal setahun sekali.

“Kemasannya bisa berupa acara halal bi halal setiap Syawal atau silaturahmi di bulan lain,” tuturnya.

Dengan berkumpulnya para pensiunan diharapkan menjadi sarana untuk saling berbagi cerita dan pengalaman dalam menikmati masa-masa pensiun. “Resep untuk tetap bahagia dalam menjalani masa-masa pensiun adalah sering bersilaturahmi, hidup sederhana, dan tidak banyak pikiran. Di sini kita saling berbagi dan saling ‘curhat’,” katanya.

Ia juga berpesan agar para pensiunan tetap semangat menjalani hidup dan tetap mengikuti perkembangan jaman. “Ciri orang yang punya semangat hidup adalah banyak keinginannya. Inilah yang membuat kita tetap bergairah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Cabang Sumedang Abdullah Juandi menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada jajaran panitia yang telah memfasilitasi pertemuan ini yang menurut kami sangat penting bagi jajaran wredatama (pensiunan) di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Disampaikan olehnya, PWRI sebagai tempat bernaungnya pensiunan PNS, BUMN, BUMD, pejabat negara, sampai perangkat desa berpotensi dalam peran pembangunan maupun pengawasan kegiatan pemerintah daerah.

Namun ia menyayangkan bahwa selama dua tahun terakhir PWRI Kabupaten Sumedang tidak mendapatkan anggaran dari APBD Kabupaten Sumedang, bahkan sampai saat ini belum memiliki kantor yang memadai.

“Karena tidak ada anggaran, sampai-sampai kami tidak ikut Munas Tahun 2016. Kantor kami juga masih menempel dengan Koperasi PWRI,” katanya.

Bupati H. Eka Setiawan menyampaikan rasa bangganya karena bisa hadir di tengah-tengah para abdi negara yang telah memasuki purna bhakti.

“Saya tentu merasa bangga dan bahagia bisa berada diantara Bapak Ibu sekalian. Memang sudah dijadwalkan sejak lama, alhamdulillah sekarang terlaksana,” ujar Bupati.

Bupati berjanji akan mencarikan lokasi untuk kantor PWRI dan mengusulkan anggaran operasional untuk PWRI pada APBD 2017. “Silakan Bapak Ibu pilih mau dimana letak kantornya. Insyaalloh pada Tahun 2017 anggaran untuk PWRI akan ada kembai,” ucapnya.

Apresiasi disampaikan pula oleh Bupati kepada para pensiunan yang masih aktif dalam berbagai organisasi dan berperan dalam kegiatan pembangunan.

“Tidak sedikit pensiunan yang menjadi pengurus di berbagai lembaga atau organisasi, diantaranya ada yang di KONI, Baznas dan lainnya.
Ini menunjukkan bahwa pensiunan itu masih bisa aktif dan produktif,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bupati berpesan agar semua tetap semangat menjalani hidup dan tidak patah semangat. “Jangan sampai ada perasaan kalau sudah pensiun sudah tidak berguna dan tidak dihargai. Tetap bersemangat,” tukasnya. (rls/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed