oleh

Kreativitas Perlu Pembentukan Karakter

DARMARAJA – Masyarakat yang ada di wilayah penyangga Waduk Jatigede, masih belum mampu merubah karakter untuk jadi pengusaha. Padahal, peluang untuk menciptakan lapangan kerja masih banyak celah untuk dilakukan. Bahkan sampai saat ini, belum ada buah tangan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Waduk Jatigede.

Salah seorang tokoh Orang Terkena Dampak (OTD) Waduk Jatigede, Sabidin menyebutkan, bahwa ada beberapa kendala yang saat ini menghambat terwujudnya peluang-peluang tersebut, selain dari minimnya permodalan di masyarakat, kreativitasnya juga masih monoton.

“Memang benar, semua usaha butuh modal. Tapi sebesar apapun modal yang dimiliki kalau tidak ada kreativitas dalam benak masyarakat tetap tidak akan berkembang,” ujarnya, Rabu (9/11).

Namun, tidak menutup kemungkinan dengan tingginya kreativitas masyarakat, permodalan akan datang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, yang menjadi kendala utama dalam hal ini, masih besarnya rasa malas.

“Kreativitas itu adalah modal yang paling murah, tapi berefek besar untuk keberlangsungan usaha,” kata dia.

Dirinya memaparkan, usaha bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, mengolah singkong untuk dijadikan makanan ringan yang bisa dinikmati para wisatawan dan dijadikan buah tangan.

“Bikin kerajinan membuat kripik singkong juga bisa jadi peluang untuk menumbuhkan perekonimian,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed