oleh

Bentuk dan Bangun Negara

KOTA – Hari Pahlawan Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Sumedang, diperingati dalam Upacara Bendera yang dipimpin Bupati H. Eka Setiawan di Alun-alun Sumedang, Kamis (10/11).

Upacara diikuti unsur Forkopimda, jajaran SKPD, TNI, Polri, jajaran veteran, Satpol PP, Korpri, PGRI, Organisasi Wanita, Ormas, dan kalangan pelajar. Lettu (Inf.) Purwanto dari Yonif 301 Prabu Kian Santang bertindak sebagai Komandan Upacara. Para petugas yang bertindak sebagai Perwira Upacara, Pembaca Teks Pancasila, Pembaca UUD 1945 dan Pembaca Pesan-Pesan Pahlawan Nasional berasal dari unsur Dinsosnakertrans Kabupaten Sumedang. Adapun pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Sumedang.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sumedang mengatakan, peringatan Hari Pahlawan 10 November merupakan momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai dasar peringatan Hari Pahlawan, memberikan pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukan Politik Ketakutan, melainkan Politik Harapan, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” katanya.

Dikatakan Mensos bahwa semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan serta semangat untuk membentuk dan membangun negara. “Semangat kepahlawanan tidak cukup dengan mempertahankan patriotisme defensif, tetapi dibutuhkan patriotisme yang lebih positif dan progresif dalam mempertahankan dan memperbaiki keadaan negeri demi kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti asing,” tegasnya.

Di akhir sambutan, Mensos Khofifah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang. “Mari kita terus berjuang, bekerja dan berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan dan masyarakat termasuk pahlawan bagi negeri sendiri,” imbuhnya.

Upacara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dan ucapan terimakasih Pemerintah Sumedang kepada semua pihak yang telah berdedikasi dalam penanganan bencana alam di Sumedang secara simbolis diserahkan Bupati H. Eka Setiawan kepada Dandim 0610, Kapolres, PT. PLN Cabang Sumedang, PMI Sumedang, Ketua Konida Sumedang serta Tagana.

Turut pula diserahkan santunan dan paket Sembako bagi 6 orang janda Pejuang Kemerdekaan RI, kendaraan roda 2 sebanyak 21 buah bagi para Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Sumedang termasuk 74 buah smartphone dan 74 paket PLKB Kit yang secara simbolis diserahkan kepada Lilis Sumarni (UPTB Pengendalian KB Sumedang Selatan), Ningning Kustiningsih (UPTB Jatinangor), Endang Sulastri (UPTB Conggeang), Ence Momon (UPTB Darmaraja) dan Yuyun Rahayu (UPTB Tomo).

Bupati H. Eka Setiawan didampingi unsur Forkopimda juga melepas peserta Roadshow Pejuang Program Keluarga KB sebanyak 182 personil yang dipimpin Kepala BPMPDKBPP Teddy Mulyono. Kegiatan diakhiri dengan ziarah ke TMP Cimayor dan Makam Pahlawan Nasional Tjoet Nyak Dhien di Gunung Puyuh. (rls/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed