841 Satlinmas Sumedang Dikukuhkan

Peliput/Editor: ATEP BIMO AS/SUMEKS

841 Satlinmas Sumedang Dikukuhkan

SIMBOLIS: Seorang anggota Satlinmas Sumedang secara simbolis menerima penghargaan dari Bupati Sumedang H Eka Setiawan, kemarin.

CONGGEANG – Sebanyak 841 orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Sumedang dikukuhkan dan diambil sumpah oleh Bupati Sumedang H Eka Setiawan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula Kantor Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang, Senin (18/12).

Anggota Satlinmas datang dari beberapa kecamatan di wilayah Conggeang. Diantaranya, dari Kecamatan Conggeang, Buahdua, Paseh, Ujungjaya, Surian, Tomo dan Jatigede.

Bupati Sumedang H Eka Setiawan mengatakan Satlinmas akan bekerja di masing masing daerah dalam membantu masyarakat supaya nyaman, tertib dan aman. Satlinmas adalah pelayan masyarakat dan dapat membantu pemerintahan desa, kecamatan kabupaten bahkan pemprov.

“Meski mempunyai tunjangan kecil, tetapi Satlinmas mempunyai tugas mulia. Mulai dari ikut membantu menanggulangi bencana, menjaga ketertiban masyarakat hingga pengamanan pemilu,” ujar Eka saat mengawali perbincangannya, kemarin (18/12).

Dikatakan, Satlinmas merupakan satuan yang berinteraksi langsung dengan warga. Apabila terjadi sesuatu di masyarakat Satlinmas merupakan petugas yang menangani pertama kalinya.

“Mereka bisa berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri dalam menangani masalah di desa,” tegasnya.

Dikatakan, Satlinmas datang dari berbagai profesi yang berbeda. Mulai dari petani, buruh, pedagang ataupun lainnya.

“Hal ini yang menjadikan mereka kuat dan menyatu,” tandasnya.

Kasatpol PP Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan anggota Satlinmas Sumedang yang akan dikukuhkan jumlahnya mencapai 4. 273 anggota. Mereka tersebar di seluruh desa desa yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Pengambilan sumpah dan pengukuhan anggota Satlinmas akan dilakukan di empat tempat berbeda. Yaitu, wilayah Conggeang, Darmaraja, Tanjungsari dan wilayah kota,” ujarnya.

Asep berharap setelah dikukuhkan dan diambil sumpah, para anggota Satlinmas dapat menunaikan tugas dengan baik. “Satlinmas juga mempunyai tanggung jawab dalam menjaga keamanan di lingkungannya,” tutupnya.

Setelah dilakukan pengukuhan dan pengambilan sumpah, 841 anggota Satlinmas mendapatkan arahan dari jajaran Koramil Conggeang, Polsek Conggeang serta Binmas Polres Sumedang. Mereka antusias mengikuti kegiatan ini. (atp)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.