oleh

Cimanggung Peringati Hari Pahlawan

CIMANGGUNG – Berbagai intansi ditingkat kecamatan mulai UPTB, UPTD se-Kecamatan Cimanggung mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan, Kamis (10/11/2016) di Halaman kantor kecamatan setempat.

Danramil Cimanggung, Kapten Infantri, Deddy Rochana bertugas sebagai pemimpin upacara. Menurut Deddy, Hari pahlawan sebagai momentum hari bersejarah itu tidak mungkin terlupakan oleh bangsa Indonesia sebab 71 tahun yang lalu peristiwa heroik itu telah mempersatukan berbagai elemen bangsa Indonesia.

“Sudah berjalan 71 tahun lamanya bangsa Indonesia bertekat mengusir penjajah yang mencoba menancapkan kembali kekuasaannya di bumi Indonesia tercinta,” kata Deddy saat menyampaikan pidatonya dihalaman kantor Kecamatan Cimanggung, kemarin.

Kata dia, sudah selayaknya hari pahlawan ini diperingati dengan memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT, agar para arwan pahlawan bangsa Indonesia mendapat tempat yang layak disisiNya.

“Peringatanan hari pahlawan ini sebagai wujud penghormatan serta penghargaan bangsa atas jasa-jasa pengabdian, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang dalam merintis, merebut, menegakan, membela serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Para pahlawan bukan hanya berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, tetapi telah melahirkan serangkaian nilai-nilai luhur budaya bangsa.

“Nilai-nilai luhur tersebut sekaligus memberikan makna dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan sehingga kita dapat mengambil suri tauladan dari semangat kejuanganya,” ucapnya.

Sebagai tanda terimakasih atas jasa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, pihaknya mengajak serta seluruh bangsa agar senantiasa memantapkan komitmen moral kita untuk menyatukan tekad dan langkah guna mewujudkan cita-cita para pahlawan.

“Wujud tersebut dengan bekerja keras, ulet, jujur, serta penuh pengabdian kepada bangsa dan Negara yang dilandasi semangat kepahlawanan, keperintisan dan kejuangan sehingga memperkokoh simpul-simpul persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Selain itu harus dilandasi dengan sifat-sifat ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta bangsa dan tanah air, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, ulet tangguh dan pantang menyerah, serta percaya pada kemampuan bangsa sendiri. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed