oleh

TPT Sungai Cikeruh Jebol

JATINANGOR – Tembok penahan tebing (TPT) Sungai Cikeruh di Dusun Cigowok, Desa Mekargalih, jebol, Selasa (15/11). Tebing setinggi 8 meter dengan panjang 20 meter itu jebol akibat diterjang Sungai Cikeruh.

Akibatnya, puluhan rumah di Dusun Cigowok Desa Mekargalih terendam banjir setinggi 50 sampai 1,5 meter.

Sulaeman warga RT 01 RW 02, Dusun Cigowok, Desa Mekargalih mengatakan banjir akibat meluapnya Sungai Cikeruh menyebabkan rumahnya terendam banjir setinggi 50 centimeter. Banjir kali ini, kata dia, terbilang banjir terparah sepanjang tahun 2010 sampai 2016.

“Harapannya ada perbaikan. Kalau bisa temboknya dimiringkan gak datar seperti sekarang. Sebab hawatir jebol lagi,” katanya.

Dia pun mengaku setiap hujan rumahnya selalu terendam air. Sebab, luapan sungai cikeruh tak bisa dibendung akibat derasnya curah hujan.

“Kalau hujan siap-siap saja banjir. Warga sini sampai bosen. Habis gimana ini mah bencana alam,” katanya.

Kades Mekargalih, Dadan Jamaludin mengatakan tak hanya warga Dusun Cigowok yang selalu banjir. Warga di Dusun Munggang yang merupakan areal pemakaman pun kerap dilanda banjir.

“Ribuan makam juga terendam banjir. Warga yang keluarganya dimakamkan disana rajin bersih bersih bila malamnya banjir,” katanya.

Bahkan, kata Dadan, banjir juga kerap terjadi di RW 08 dan 12. Penyebabnya saluran air outlet di Jalan Nasional mampet dan berliku.

“Harusnya saluran air itu lurus jangan berliku. Jadi air mandeg dan sampah menggunung. Akibatnya air meluber ke jalan,” katanya.

Dadan pun berharap dinas terkait untuk merespon segala bentuk bencana yang mengakibatkan sarana infrastruktur rusak. Termasuk tpt sungai cikeruh dan saluran air jalan nasional kampung dangdeur.
“Harapanya semoga ada perbaikan. Karena ini menyangkut kesematan warga dan kenyamanan aktivitas. Kalau bencana terus warga tidak akan hidup tenang,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed