oleh

17 Lembaga Pembantu BNPT Siap Dibentuk, Berantas Teroris

JATINANGOR – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius akan merilis 17 lembaga dan badan dibawahnya berdasarkan  surat dari Menkopolhukam, Wiranto.

Ke tujuh belas lembaga tersebut nantinya akan berkolaborasi dengan BNPT untuk mencari solusi memerangi radikalisme di Indonesia. Tugasnya nanti tidak hanya memerangi di hilir saja, akan tetapi juga di hulunya.

“Harapannya kami bisa menyentuh semua akar permasalahannya,” terangnya kepada wartawan, kemarin saat memberikan kuliah umum di Fisip Unpad terkait Resonansi Kebangsaan dan Mencegah Radikalisme di Lingkungan Muda/Pelajar/Mahasiswa, Rabu (16/11).

Menurutnya, nasionalisme Bangsa Indonesia sudah tereduksi dengan hebat akibat faktor globalisasi. Pihaknya mewaspadai terpaparnya radikalisme masuk dalam seluruh kalangan terutama kaum intelektual.

“Tentunya harus ada upaya pencerahan untuk mengingatkan kembali cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia dengan mengulas kembali sejarah bangsa kepada kaum intelektual,” katanya.

Pasalnya, lanjut mantan Kapolda Jawa Barat ini, saat ini contoh-contoh faktual mengenai radikalisme sudah menjamur sejak mulai PAUD hingga Perguruan Tinggi.

BNPT nantinya akan berkoordinasi dan bekerjasama bersama Kemenkopolhukam dan perguruan tinggi untuk memerangi radikalisme tersebut dengan berbagai upaya. Seperti pemasangan spanduk anti radikalisme di kampus-kampus.

“Saya meminta guru, dosen, rektor, dekan dan kaum intelektual untuk lebih memperhatikan siswa atau pun mahasiswanya. Pasalnya, untuk menjadi radikal seseorang tentunya tidak bisa serta merta begitu saja. Tetapi ada proses dan waktu, bahkan faktor lainnya,” tuturnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed