oleh

Mendikbud Tantang Siswa Bacakan UUD

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Mendikbud pertama dalam sejarah yang berkunjung ke Pulau Barrang Lompo Makassar, Sulawesi Selatan.

Kunjungannya pada Rabu (16/11) pun disambut antusias oleh warga dan siswa SD, SMP dan SMA setempat.
Ribuan orang menyerbu SD Inpres Barrang Lompo yang menjadi tuan rumah acara pencairan simbolik Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

Sebelum memberikan sambutan, Mendikbud menantang siswa menghafal pembukaan UUD 45. Tak disangka tantangan itu disambut antusias enam siswa.

Kepada enam siswa siswi itu Mendikbud memberikan hadiah berupa beasiswa dan alat sekolah. “Saya bangga dengan kalian semua,” kata Muhadjir.

Muhadjir berharap nilai-nilai nasionalisme ditanamkan sejak dini. “Ternyata anak-anak pulau tidak mau kalah dengan anak-anak lainnya, saya ikut bangga dan senang karena ini bagian dari penguatan karakter nasionalisme,” katanya.

Program Indonesia Pintar (PIP) dan pendidikan karakter, kata Muhadjir, menjadi fokusnya saat ini. “Agar generasi ke depan bisa jauh lebih baik dari generasi sekarang,” tutur Mendikbud.

Sementara Sekda Kota Makassar Ibrahim Saleh mengaku senang karena akhirnya ada seorang menteri yang mengunjungi salah satu pulau di wilayahnya. “Perhatian Mendikbud di pulau ini sangat kami tunggu-tunggu. Insya Allah 12 kepulauan di sini akan kami bentuk satu kecamatan. Semoga koordinasi pendidikan semakin baik, salah satunya melalui KIP ini,” kata Ibrahim.

Sekda menjelaskan, di Makassar terdapat 22.517 penerima KIP, di antaranya ada di pulau Barang Lompo. “Makassar punya konsen untuk mensukseskan wajib belajar 9 tahun sesuai program pemerintah. Setiap sekolah harus punya dua guru inovator,” ujar Ibrahim.

“Makassar juga siap menyelenggarakan full day school dan Sabtu Minggu sebagai Hari Senang Keluarga,” pungkas Ibrahim. (adk/jpnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed