oleh

Pelanggaran Lalin Capai 1.256 Orang

CIMANGGUNG – Sebanyak 1.256 pelanggar lalu lintas terjaring razia dalam Operasi Zebra Lodaya 2016 yang digelar Polres Sumedang selama lima hari. Operasi Zebra 2016 yang difokuskan di Jalan Raya Bandung-Garut cara bertindak (CB) hunting target pelanggar lalin yang belawan arus.

Informasi yang dihimpun Sumeks, pelanggaran sendiri terbagi menjadi tiga pelanggaran diantaranya pelanggaran berat 989, pelanggaran sedang 374 dan ringat 175.

“Pelangaran berat melangar lampu merah, melawan arus, boncengan 3, mobil barang buat ngankut orang, balap liar, motor tidak laik jalan, rem, spion tidak ada menggunakan HP. Sedangkan pelangaran sedang yang berdampak macet contohnya kendaraan umun mengetem tidak di halte, tidak menyalakan lampu sen pada saat belok,” terang Kasat Lantas Polres Sumedang, AKP Umar Setiawan didampingi panit Lantas Polsek Cimanggung, Aiptu ZU Mamonto kepada Sumeks, kemarin.

Lalu, katanya pelangaran ringan surat-surat administrasi. Contoh tidak dapat menunjukan STNK,SIM tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak mengunakan Helm SNI.

“Pelanggaran berat bagi pengendaranya yang melawan arus dan tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan,” terangnya.

Target operasi yang dilakukan petugas berlangsung pada hari Minggu (20/11) yang di mulai dari sekitar Dangdeur Jatinangor hingga Parakanmuncang Cimanggung mulai pukul 10.00 hingga 12.00.

“Saat dilakukan rajia CB hunting di jalan Raya Bandung-Garut ada tiga kendaraan yang ditilang dan terpaksa diangkut ke Polres karena pengendara tidak bisa menujukan surat-suratnya,” katanya.

Dikatakan Umar, banyak korban pengendara sepeda motor yang menjadi korban akibat melawan arus. Mereka lalai saat berkendara dengan tidak memakai perangkat keselamatan yang memadai.

“Yang mengalami kecelakaan itu banyak yang tidak pakai helm. Selain itu, tidak diperbolehkan. Siapa pun pengendaranya, kami akan tilang,” tegasnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed