oleh

Tempat Landing Beralih Fungsi

KOTA – Atlet Paralayang, mengeluhkan berubahnya fungsi lahan landing Venue Paralayang yang berada di areal pesawahan Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Mereka menilai, lahan landing tidak steril lagi dikarenakan terdapat barang-barang dan gerobak pedagang pasar malam yang justru membahayakan atlet ketika landing.

Salah seorang atlet Paralayang Sumedang, Aris Pribaya mengungkapkan, seharusnya areal landing harus steril demi keamanan para atlet yang berlatih.

“Harusnya area landing itu steril. Artinya, tidak ada barang-barang yang tidak sesuai peruntukannya.
Ini malah ada gerobak pedagang, ini sangat berbahaya,” katanya kepada Sumeks, Minggu (20/11).

Ia mengatakan, akibantnya para atlet yang biasa berlatih di Venue Toga, harus mengalihkan tempat landing di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sumedang, yang lebih memungkinkan. Namun bukan tanpa resiko, sebab di sana bukan merupakan tempat landing resmi.

“Akhirnya kami alihkan pendaratan ke IPP, bukan tanpa resiko. Tapi agak mendingan, dari pada landing di Toga,” lanjutnya.

Sementara dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Endah Kusyaman mengatakan, pihaknya belum menerima laporan terkait hal itu. Akan tetapi, akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Ia mengatakan, bahwa lahan landing paralayang merupakan tanah milik Yayasan Pangeran Sumedang, yang disewa oleh pemerintah sebagai lahan landing.

“Itu sistemnya sewa. Tapi terkait dipakai dagang atau bagaimana, saya akan koordinasikan dengan pihak terkait,” terang Endah.

Terpisah Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi mengungkapkan, sebelumnya ada pihak yang meminta izin, namun hanya sebatas izin keramaian.

“Pernah ada yang mengajukan izin ke desa. Cuma, jenisnya izin kermaian. Untuk izin lokasi sudah ada yang menandatangani oleh pihak lain,” tukasnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed