oleh

Karta Gunasari Gelar Pentas Seni

KOTA – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2016, Karang Taruna Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, menggelar Malam Kreasi Seni di GOR Balai Desa, Jalan Suradinata Nomor 46, Dusun Sembir, Desa Gunasari, Sabtu (19/11).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati H. Eka Setiawan, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj. Hanne Budhi Eka Setiawan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sumedang Selatan, jajaran Pemerintah Desa Gunasari, BPD, LPMD, TP PKK Desa, dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Ade Suwandi selaku panitia pelaksana, pentas seni terselenggara atas kerja sama Pokja Karang Taruna Balebat Sembir dengan Pokja Karang Taruna Bintara Sukamulya, Pokja Karang Taruna Perisai Cihonje, dan Pokja Karang Taruna GMC Ciawi dan Nalegong.

“Kegiatan ini murni swadaya Pokja-Pokja Karang Taruna yang ada di lingkungan Desa Gunasari dengan dukungan dana dari warga dan donatur,” ujarnya.

Selain sebagai sarana penyaluran kreasi kaum muda, lanjut Ade, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat juang serta mempererat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda.

“Kegiatan ini adalah sarana untuk mengekspresikan berbagai kreatifitas remaja dan pemuda, juga untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga,” tuturnya.

Acara dimulai sejak sore yang diisi dengan berbagai penampilan dari anak-anak usia SD. Pada malam harinya dilanjutkan dengan pentas seni dari kalangan remaja dan pemuda yang ditutup dengan penampilan drama kolosal.

“Berbagai atraksi ditampilkan. Mulai dari seni bela diri, tsamrah, qasidah, rampak sekar, seni tari, debus, drama komedi, pidato, dan lainnya. Puncaknya adalah Opera Kolosal Babad Sumedang,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Gunasari Dadang Sobarna menyampaikan bahwa hampir setiap tahun para pemuda di desanya menggelar kegiatan serupa untuk memupuk kebersamaan dan persaudaraan.

“Terima kasih kepada jajaran Karang Taruna yang selalu menggelar acara tiap tahun dengan semarak. Kegiatan ini penting dilaksanakan secara kontinyu untuk memperkuat persatuan pemuda-pemudi di Desa Gunasari khususnya, dan di Sumedang pada umumnya,” tuturnya.

Ia juga merasa bangga atas hadirnya Bupati Sumedang di desanya dengan harapan dapat memotivasi warganya dalam pembangunan.

“Kehadiran Pak Eka di sini adalah yang kedua kali. Sebelumnya beliau hadir sebagai Wakil Bupati di Gunasari pada 15 November 2015 untuk meresmikan Jalan Ciawi-Cihonje sepanjang 2,1 Km. Setahun kemudian hadir kembali malam ini sebagai Bupati. Mudah-mudahan kehadiran Bapak beserta Ibu dapat mendorong kemajuan di Desa kami,” katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bupati H. Eka Setiawan menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemuda Desa Gunasari yang bisa menggelar acara dengan begitu meriah.

“Walau dengan berbagai keterbatasan yang ada, para pemuda dan pemudi Desa Gunasari tetap mampu berkreasi dengan menggelar acara yang luar biasa ini,” ujar Bupati yang disambut tepuk tangan hadirin.
Bupati juga mengharapkan kegiatan tersebut tetap bisa dilaksanakan sebagai tradisi tahunan yang layak dipertahankan.

“Kalau bukan oleh generasi muda, siapa lagi yang akan meneruskan tradisi-tradisi yang baik dari generasi sebelumnya. Jadi tolong kegiatan ini tetap dilanjutkan tiap tahunnya,” ujarnya.
Oleh karena itu, Bupati berpesan agar kaum muda menghindari hal-hal negatif yang akan merusak masa depan mereka.

“Jauhi Narkoba, tawuran, seks bebas, dan perilaku negatif lainnya yang akan menghancurkan masa depan kita. Salurkan ke arah yang positif seperti kegiatan sekarang ini,” ucapnya. (rls/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed