oleh

Perajin Gula Aren Perlu Dipertahankan

JATINUNGGAL – Saat ini, dibutuhkan adanya generasi penerus, untuk melanjutkan produk unggulan Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal.

Gula aren yang diproduksi desa tersebut, kini terancam punah seiring berjalannya waktu.

Perubahan generasi gula aren yang dihasilkan desa tersebut, juga semakin minim, dan perajinnya pun satu per satu berguguran. Hal ini bukan disebabkan oleh tidak adanya bahan baku, melainkan tidak adanya regenerasi yang meneruskannya.

Kepala Desa Cipeundeuy, Anang Suherman menilai, bahwa saat ini generasi penerus perajin gula aren sudah melemah, bahkan hampir tidak ada. Sampai saat ini, yang masih bertahan memproduksi gula aren adalah orang-orang tua yang memiliki keahlian di bidang itu saja.

Ironisnya para orang tua tersebut tidak dapat mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti jejaknya menjadi perajin gula aren.

“Memang susah, anak muda jaman sekarang tidak bisa diandalkan kalau untuk memproduksi gula aren, karena pengolahannya itu sangat sulit dan butuh keahlian khusus,” ucapnya belum lama ini.

Padahal, bila perajin gula tersebut bisa kreatif, penghasilan dari gula aren itu akan sangat menggiurkan. Namun karena hal itu memang pekerjaan yang sebagian besar orang menilainya sebagai pekerjaan jaman dulu, maka generasi saat ini akan melewatkan hal itu.

“Sebenarnya itu bisa diandalkan untuk mendongkrak ekonomi, tapi karena di jaman sekarang kebanyak orang menjaga gengsinya, ya akhirnya banyak perajin yang beralih ke pekerjaan lain,” tuturnya.

Melihat riak saat ini, Anang menghawatirkan bila di Desa Cipeundeuy yang dikenal sebagai sentral gula aren, akan hilang. Apalagi saat ini, tinggal beberapa gelintir orang saja yang masih mau memproduksi gula tersebut.

“Sekarang kalau punah sih belum, masih ada yang produksi, terutama di Dusun Cidarma. Warganya masih banyak yang mengolah gula aren,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed