oleh

SMKN 1 Juara Rampak Sekar

KOTA – Civitas akademika Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 1 Sumedang kembali berbangga hati. Itu setelah sejumlah siswa-siswi program Jurusan Karawitan mampu menyabet juara pertama pada ajang Lomba Rampak Sekar Lagu-lagu Sunda tingkat SLTA se- Jawa Barat. Acara yang dilaksanakan Rabu (20/11) di Tarans Studio Bandung itu cukup menyedot perhatian publik.

Seperti diungkapkan Kepala SMKN 1, Lolly R . Roliawati, M.M.Pd melalui Ketua Paket Keahlian Seni Karawitan, Adi Kurniawan, S.Pd. Keberhasilan peserta didiknya merupakan hadiah di akhir tahun yang dipersembahkan kepada para guru mereka.

“Siswa SMKN 1 yang tergabung dalam Suara Motekar, mampu mengalahkan kompetitornya yang berasal dari beberapa kabupaten seperti Bekasi,Garut dan Bandung. Serta beberapa kabupaten lain di Jawa Barat,” katanya kepada Sumeks, Selasa (22/11).

Keberhasilan mereka, kata Adi, berkat kerja kerasnya yang didorong dengan keinginan kuat  untuk menjadi yang terbaik.

“Acara yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat itu, merupakan ajang pembuktian bakat siswa-siswai kami,” ujarnya.

Selain menjuarai lomba rampak sekar, lanjut Adi, kebahagiann siswa-siswinya ditambah dengan diraihnya juara umum kostum terbaik.

“Ada beberapa perlombaan yang digelar pada saat itu, lomba pupuh, dongeng angklung, tari kreasi rampak sekar dan degung,” terangnya.

Namun, kata Adi, hanya rampak sekar yang diikuti peserta didiknya.

“Semuai ini akan dijadikan tolok ukur untuk mengikuti ajang perlombaan selanjutnya,” kata dia.

Adi menjelaskan, peraihan prestasi itu tidak terlepas dari srana dan prasarana yang memadai ditambah dengan tenaga pengajar yang kopenten dibidangnya.

“Meskipun perlengkapan gamelan masih tergolong belum maksimal, namun semua itu cukup untuk memotivasi keinginan perseta didik kami dalam mengukir  berprestasi,” tandasnya.

Salah seorang personil Suara Motekar, Diah Nur Azizah mengaku belum puas dengan prestasi sebagai juara pertamanya itu.

“Ini merupakan pengalaman pertama saya sepanjang mengikuti  perlombaan tingkat Provinsi Jawa Barat, kami tidak menyangka akan memenangkan perlombaan. Kami masih belum puas dan akan terus berlatih untuk mengikuti perlombaan selanjutnya,” katanya. 

Siswi  kelas XI Seni Karawitan ini sebelumnya pernah mengikuti perlombaan pupuh tingkat SMA se-Jawa Barat. (mg1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed