oleh

Lomba Dakwah dan MTQ Awali HUT Korpri

KOTA – Lomba Dakwah dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), mengawali rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Selasa (22/11).

Kegiatan yang digelar di Komplek Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Sumedang tersebut, dibuka langsung Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin atas nama Bupati Sumedang H. Eka Setiawan.

MTQ yang bertempat di Bale Ratjih Natawidjaja dan Lomba Dakwah yang bertempat di Lantai 2 Gedung Asrama Haji, keduanya diikuti perwakilan dari berbagai Unit Dewan Pengurus Korpri (DPK)Dinas, Badan, Kantor, dan Kecamatan.

Menurut laporan panitia yang disampaikan Sekretaris DPK Kabupaten Sumedang, Tete Dianta, selain Lomba Dakwah dan MTQ, juga akan digelar berbagai perlombaan lainnya dan bakti sosial.

“Kegiatan lainnya adalah Lomba Pengucapan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan Panca Prasetya Korpri, Lomba Baris Berbaris, Lomba Paduan Suara, Lomba Defile antar dinas instansi, Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa-siswi SMA sederajat, lokakarya, bakti sosial berupa layanan gratis operasi katarak dan bibir sumbing, dan gerak jalan santai berhadiah,” ujarnya.

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-45 Korpri bertujuan untuk mengajak anggota Korpri di seluruh wilayah untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, dan meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan.

Sekda H. Zaenal Alimin yang juga Ketua DPK Kabupaten Sumedang mengatakan, meski dengan segala keterbatasan yang ada, Korpri Kabupaten Sumedang tetap berusaha memeriahkan HUT Korpri dengan mnggelar berbagai aktivitas.

“Kegiatan ini bukan semata-mata mencari juara, tetapi hendaknya dimanfaatkan sebagai sarana silaturahmi diantara anggota dan pengurus organisasi Korpri,” ujarnya.

Dikatakan, kebersamaan tersebut diharapkan tidak hanya terjalin pada momentum peringatan HUT Korpri saja, tetapi juga harus terlihat pada moment-moment keseharian di luar peringatan.

“Diakui bahwa keberadaan Korpri selama ini masih belum bisa dirasakan langsung oleh anggotanya. Tetapi secara bertahap dan kontinyu, semua kebutuhan anggota akan dipenuhi,” tuturnya.

Sekda menambahkan, kedua cabang lomba yakni MTQ dan Lomba Dakwah merupakan yang pertama kalinya digelar setelah bertahun-tahun tidak ada sejak tahun 1990. “Alhamdulillah, pada cabang yang dilombakan ada cabang yang sifatnya agamis. Tentu ini sangat sejalan dengan Visi Agamis dalam Sumedang Senyum Manis,” ucapnya.

Diharapkan pula, dengan digelarnya Lomba Dakwah dan MTQ, akan meningkatkan pemahaman dan pengamalan terhadap Al-Qur’an di kalangan anggota Korpri. “Pentingnya memahami Al-Qur’an dan mengamalkannya dapat difasilitasi dengan digelarnya kedua lomba ini,” imbuhnya. (rls/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed