oleh

Rumah Wiwi Terbawa Longsor

JATINANGOR – Rumah milik Wiwi (50) warga Kampung Patrol RT 2 RW 11, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, sebagian rumahnya rusak karena terbawa longsor. Rumah yang berada di sekitar tebing itu tanahnya terkikis hujan yang secara terus menerus mengguyur wilayah itu.

Informasi yang dihimpun Jateks, kejadian longsor itu diduga akibat hujan besar. Sedangkan diatas tebing ada selokon dan meluber sehingga airnya mengikis tebing. Kejadian longsor beberapa waktu lalu itu sekira pukul 15.00.

“Longsor ini terjadi beberapa waktu lalu saat hujan besar. Sehingga merusak sebagian rumah milik warga,” terang Kepala Desa Cibeusi, Yoyo Iskandar kepada Jateks, kemarin.

Menurutnya, warga yang terkena bencana itu menelan kerugian sekitar Rp10 juta karena dua lemari, meja computer serta bangunan sebagian hancur.

“Kampung Patrol memang rawan longsor. Pasalnya, tanah di kampung tersebut kondisinya labil. Belum lagi, letak kampung tersebut berada di perbukitan,” ucapnya.

Bahkan, kata Yoyo dalam sebulan sudah dua kali terjadi. Longsor juga merusak rumah warga lainya. “Kalau yang satu lagi hanya tebing saja, tapi nyaris mengenai rumah milik Ibu Yuyun (51),” ujarnya.
Menurut Yoyo, longsor disebabkan akibat meluapnya air dari selokan yang tepat berada di atas Kampung Patrol. Selokan tersebut merupakan jalan saluran air dari Pegunungan Manglayang. 

Ketika hujan, ujar dia, air tersebut meluap ke perkampungan tersebut. Alhasil, tanah yang ada di perkampungan tersebut menjadi tidak padat akibat terkena air tersebut. 

“Apalagi kan kebanyakan di Kampung Patrol ini banyak tebing antar rumah satu dengan rumah lainnya. Dan belum ada kirmirnya,” katanya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang untuk pembuatan kirmir. “Mungkin realisanyia tahun 2017,” jelasnya.

Diakuinya untuk membantu para korban anggota dewan sempat membantu perbaikan. Bahkan pihak desa telah membantu sembako dan material untuk pembuatannya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed