oleh

Ranggon Optimalkan Hasil Bumi

DARMARAJA – Hasil bumi melimpah, bisa dijadikan sebagai potensi untuk mendongkrak ekonomi masyarakat dan membuka lowongan kerja.

Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, kini menjadi salah satu desa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hal itu terlihat, saat adanya kegiatan ulang tahun desa, dari setiap dusun hampir semua punya hasil bumi yang begitu subur.

Kepala Desa Ranggon, Oo Somantri menilai, bahwa melihat hasil bumi yang melimpah di desa yang dipimpinnya itu, jadi membuka pemikirian untuk mengembangkan hasil bumi menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat desa tersebut.

“Masyarakat desa ini memang sebagaian besar itu petani, dan tentu saja hasil buminya pun melimpah. Saya akan berupaya menjadikan hasil bumi ini sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat. Dalam hal ini tentunya dengan mengolah kembali hasil bumi tersebut jadi sesuatu yang punya nilai jual yang tinggi,” katanya kepada Sumeks, kemarin (24/11).

Dia mencontohkan, salah satu hasil bumi yang banyak terdapat di desa tersebut adalah pisang. Pisang itu, bisa diolah jadi sesuatu yang unik dan langka. Pisang pun tidak harus diolah jadi kripik atau makanan yang sudah umum, tapi masyarakat harus punya kratifitas untuk menciptakan sesuatu dari pisang itu yang menarik konsumen.

“Mungkin untuk sementara ini kita memang belum punya ide untuk menjadikan pisang dan hasil bumi yang lainnya untuk dijadikan sesuatu yang unik, tapi dengan niat dan tekad, kita yakin bisa mendapatkan ide tersebut,” harapnya.

Kades menambahkan, tindakan seperti itu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup kreatif dan mau berpikir. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed