oleh

Golkar-PDIP Singgung Koalisi

KOTA – Untuk kesekian kalinya, DPD Partai Golkar melakukan safari politik kepada sejumlah partai politik di Sumedang. Kali ini Partai berlambang Pohon Beringin itu mengunjungi DPC PDIP Kabupaten Sumedang.

Pertemuan kedua partai raksasa tersebut merupakan sebuah langkah aktif dari Golkar untuk melakukan komunikasi politik dalam menyambut pilkada 2018 mendatang.

Dalam kunjungannya, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Sidik Jafar sempat menyinggung kemesraan Golkar dan PDIP di 2 periode sebelumnya 2008 – 2013. Di pilkada tersebut Golkar dan PDIP menjadi partai pemenang dengan mengusung Don Murdono dan Taufik Gunawansyah.

“Kita berbicara dengan realita, partai yang berdiri sendiri dan bekerja sendiri, pekerjaan kecil pun ketika dikerjakan sendiri itu akan sulit. Tapi kalau kita bersatu, nanti akan dikerjakan bersama-sama. Dan Insya Alloh akan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga memang koalisi itu perlu,” kata Jafar kepada sejumlah wartawan, Kamis (26/1).
Sementara itu, ketua DPC PDIP Irwansyah Putra menyambut baik kedatangan dari Golkar. IP sapaan akrabnya mengakui jika PDIP sebelumnya telah menerima perintah pusat untuk mulai melakukan lobi politik dengan parpol lain.

“Ini kan kita baru komunikasi jangka pendek. Dan ini akan dipermanenkan untuk tahapan sekarang. Kita memang sudah diperintahkan lobi tahap awal dari pusat. Setelah ini beres (komunikasi jangka pendek, red), kita baru akan bicara jangka panjang,” ujarnya.

Namun demikian, Irwansyah menyadari, akan lebih indah jika kedua partai besar tersebut bisa bersatu. Bahkan dengan koalisi antara partai Golkar dan PDIP, akan menciptakan sebuah koalisi yang besar. Apalagi koalisi tersebut juga dapat diikuti oleh sejumlah partai lainnya.

“Kalau yang besar bersanding dengan yang besar, hasilnya akan lebih besar. Tapi kita tetap akan lihat mekanisme yang ada. Dan itu kita semua tergantung dari perintah DPP.

Bagi saya, Kalau ingin berkoalisi, saya ingin koalisi yang besar. Bahkan saya ingin seluruh partai ikut bergabung. Kita juga akan merangkul partai kecil yang punya kursi maupun yang tidak. Sebab,  membangun Sumedang itu harus dengan berbagai warna,” tuturnya.

Dilain pihak, Sekretaris DPD Partai Golkar, Yogie Yaman sentosa menguatkan, jika ada pengalaman baik ditingkat pusat antara Golkar dan PDI.

“Kita lihat kemesraan antara Megawati dan Setya Novanto, itu berjalan mulus. Dan itu kita tangkap di daerah, apalagi kita ada pengalaman baik dengan perpaduan antara Golkar dan PDIP. Jadi koalisi itu tidak menutup kemungkinan,” katanya.

Yogie juga menegaskan, adanya kedekatan antara Golkar dengan sejumlah tokoh, bukan berarti Golkar sudah memiliki calon untuk didukung. “Jika ada yang mengatakan Golkar sudah dukung seseorang, saya bilang itu belum ada,” tandasnya. (bay/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed