oleh

Keseharian Serda Laman yang Bertugas sebagai Babinsa Buahdua

*Sukseskan Swasembada Pangan dengan Berbaur Bersama Warga

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0610/Sumedang, Serda Laman dari Koramil Buahdua, mewujudkan program Swasembada Pangan di wilayahnya. Selain itu, babinsa yang satu ini, dikenal ramah dan selalu turun ke lapangan berbaur dengan warganya. Berikut catatannya.

ASEP HERDIANA, Kota

SELAIN tugasnya menjaga keamanan lingkungan masyarakat, TNI pun harus mampu berbaur dengan masyarakatnya. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti salahsatunya memberikan bantuan secara langsung dalam meningkatkan sebuah kelompok tani.

Sepertihalnya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0610/Sumedang, Serda Laman dari Koramil Buahdua. Serda Laman, terlibat aktif membantu dan mendampingi masyarakat kelompok tani, guna menyukseskan program Upsus Pajale yang masih terus digalakkan. Iapun, terus melakukan dan mendampingi warga dalam mengolah lahan yang dulunya masih semak belukar untuk dijadikan lahan pertanian lewat.

“Saya selaku Babinsa akan selalu dan terus berupaya membantu masyarakat, khususnya dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional, dengan berusaha memanfaatkan lahan yang ada,” ujarnya ketika dijumpai Sumeks, belum lama ini.

Sesuai dengan program dari pusat, melalui Kodim 0610/ Sumedang, upaya tersebut berorientasi pemanfaatan lahan tidur, agar masyarakat memiliki lahan yang lebih luas. Sehingga dengan begitu, akan semakin besar peluang dalam meningkatkan hasil produksi pertanian. Di Desa Buahdua yang ia bina, program cetak sawah bisa dibilang berhasil dengan cetak sawah seluas 40 hektar.

Pendampingan yang dilakukan oleh babinsa yang telah dilatih oleh Dinas Pertanian sebelumnya, akan sangat membantu masyarakat desa. Hal ini pun, dikarenakan adanya unsur kedekatan babinsa dengan masyarakat kampung.

“Masyarakat pun menyambut gembira bantuan dari babinsa. Karena selama ini mereka hanya bertani di ladang yang ada tanpa ada. Tapi setelah adanya cetak sawah petani senang, selain itu ada pendampingan atau pengawasan dari babinsa yang terus memonitoring,” tuturnya.

Beberapa tahun terakhir, Serda Laman dipercayai mengemban tugas sebagai babinsa. Untuk orang awam, mungkin profesi ini kerap dipandang sebelah mata. Kebanyakan, mereka berpikir tak ada tugas berat yang dilakukan seorang babinsa.

Namun pada kenyataannya, Laman selalu sibuk disetiap harinya. Dia habiskan hari-harinya itu bersama masyarakat. Bahkan waktu berkumpul bersama keluarga, pun bisa dihitung jari. Tugas utamanya menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari lingkup lingkungan terkecil seperti RT dan RW.

“Babinsa bertugas mendeteksi dini jika akan terjadi gejolak masalah di masyarakat. Serta membangun kehidupan masyarakat yang harmonis,” ujar Laman.

Bak ‘Cowo Panggilan’, dia tak pernah absen menghadiri undangan para tokoh masyarakat di lingkungannya. Deringan telpon dan pesan masuk ke handphon miliknya tak pernah sepi.

“Kapan pun mereka menghubungi saya, pasti saya ‘merapat’. Kehadiran kami (TNI) di masyarakat sangat dibutuhkan,” paparnya dengan mimik serius.

Menurutnya, keamanan kondusif tercipta jika seluruh elemen masyarakat kompak. Mulai dari perangkat pemerintah, tokoh masyarakat, petugas keamanan (TNI-Polri) dan tentu masyarakat juga harus berkontribusi.

“Wilayah ini dekat dengan Subang dan Indramayu, tapi benteng yang kita ciptakan kokoh. Seluruh elemen masyarakat turut membantu kondusifitas itu ke wilayah kami,” ungkapnya.

Diceritakan, pengalaman menarik selama menjadi babinsa banyak dialaminya. Salah satunya, saat dia mencoba menghilangkan kebiasaan mabuk para pemuda di wilayahnya.

Dia menceritakan, malam itu ada segerombolan pemuda yang sedang nongkrong di pinggir jalan. Aroma alkohol jelas terasa menyengat saat melewati tongkrongan itu. Dirinya tak langsung memarahinya, justru memiliki trik tersendiri dalam menangani permasalahan ini.

“Saya dekati mereka. Pertama saya pastikan dahulu aroma alkohol dari jejeran gelas itu. Lalu, biar mereka sadar, saya perintahkan mereka push up, skot jump, dan lari di tempat. Lantas saya suruh mereka kembali ke rumahnya masing-masing. Sejak kejadian itu, tiap mereka melihat saya, mereka menjadi segan dan tak lagi meminum alkohol,” katanya bercerita.

Cara humanis itu lah yang selalu diterapkannya dalam bertugas. Senyum dan sapa hangat, tak pernah luput dilakukannya. Di sisi lain, ketegasan pun terpampang jelas dari sikapnya konsekuen setiap mengambil keputusan.

“Sering warga meminta pendapat saya dalam mengambil keputusan. Intinya, kalau tujuannya baik maka saya setuju. Kalau itu menyimpang, jelas saya tak segan untuk mengatakan tidak setuju,” ungkapnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat di wilayahnya pun, Aming (52) mengacungkan kedua jempol untuknya. Totalitasnya bekerja sebagai babinsa sangat tinggi.

“Kami butuh sosok seperti dia. Kesupelannya memperhatikan keamanan wilayah sangat bermanfaat bagi kami,” ungkapnya.

Senada hal itu, Dandim 0610 Letkol Arm. I Made Merta Yasa, melalui Danramil Buahdua, Kapten Inf Muchson, mengapresiasi kinerja Laman. Dia tak pernah absen jika diamanatkan mendampinginya dalam berbagai kegiatan di wilayah. Tentu hal itu dapat menjadi contoh generasi muda.

“Justru masyarakat harus meneladaninya. Dia seorang TNI, tak selamanya dia bertugas di sini. Tapi, Pa Laman jelas memberikan contoh baik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Mengulas kembali tentang Laman, saat mudanya dia hanyalah seorang anak desa yang hidup sederhana dia bersama keluarga menjalani hidup tentram. Cita-citanya menjadi seorang prajurit TNI diniatkannya sejak kecil. Harapannya dapat mengabdi pada negara serta dapat mengubah nasib keluarganya.

Sejak kecil dia berlatih fisik untuk dapat bergabung menjadi prajurit TNI. Kegemarannya berlari diaplikasikannya dalam kegiatan olahraga.

“Lulus SMA, saya langsung daftar tamtama TNI AD. Alhamdulillah lulus dan menjalani pendidikan,” paparnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed